Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Progres Pembangunan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan?

Kompas.com - 15/08/2022, 21:04 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Proses pembangunan ruas Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan sepanjang 58 km sedang dikebut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hingga Agustus 2022, konstruksi jalan tol tahap 1 ini sudah mencapai 55 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2023 mendatang.

Seperti dikutip dari laman instagram Kementerian PUPR, Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan ini merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 130,9 km.

Baca juga: Hutama Karya Garap Konstruksi Jalur KA Lintas Medan-Binjai

Pembangunannya dilakukan dalam dua tahap yakni tahap 1 terdiri dari Binjai-Stabat (11,8 km) dan Stabat-Pangkalan Brandan (46,2 km).

Sementara proses konstruksi tahap 2 Pangkalan Brandan-Langsa (72,9 Km) ditargetkan akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Kehadiran ruas jalan tol ini diharapkan akan memperlancar akses dan memangkas waktu tempuh menuju kawasan produktif dan destinasi wisata di Sumatera Utara.

Beberapa destinasi wisata yang dapat diakses melalui jalan tol ini antara lain Bukit Lawang Ecotourist, Bahorok, Tangkahan, kawasan wisata rohani Tuan Guru, dan Tanjung Pura di Kab. Langkat.

Pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa dilaksanakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi sebesar Rp 23,4 triliun.

Baca juga: Tol Binjai-Stabat Diresmikan, Langkat- Bandara Kualanamu Cuma Satu Jam

Memiliki 5 buah Simpang Susun (SS), meliputi SS Stabat, SS Tanjung Pura, SS Pangkalan Brandan, SS Kuala Simpang, dan SS Langsa. Serta akan memiliki tiga pasang rest area Tipe A.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com