Kompas.com - 24/05/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) lewat kerja sama operasi (KSO) dipercaya untuk membangun Jalur Kereta Api (KA) Lintas MedanBinjai.

Penandatanganan kontrak proyek ini dilakukan secara offline pada Kamis (28/4/2022) lalu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bertempat di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, penandatanganan dilakukan oleh Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum Hutama Karya sekaligus Kuasa KSO, Ari Asmoko bersama Pejabat Penandatangan Kontrak (PPK) Kementerian Perhubungan Muhlis Hanggani Capah.

Baca juga: Sambut G20, Hutama Karya Siapkan Sejumlah Infrastruktur

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra menyatakan bahwa proyek pembangunan jalur Lintas KA yang menghubungkan Kota Medan dengan Kota Binjai ini bertujuan mempercepat waktu tempuh antara kedua kota.

Selain itu, jalur KA ini diharapkan bisa memperlancar persilangan kereta api dari Medan ke Binjai serta mengurangi penumpukan di beberapa stasiun.

“Kereta Api sudah menjadi primadona untuk angkutan orang dan barang. Pembangunan jalur rel kereta api dibutuhkan sejalan dengan percepatan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera,” ujar Novias melalui rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan pembangunan Jalur Lintas KA Medan–Binjai (JLKAMB 2) dilakukan dari KM 1 + 745 s.d KM 2 + 300 (P9 – P23).

Adapun lingkup pekerjaan yang digarap oleh Hutama Karya bersama KSO dalam proyek ini meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan pendukung teknis, pekerjaan pier dan pemasangan track.

Proyek ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 900 hari dimana pelaksanaan pembangunan tersebut sudah berjalan sejak tanggal 9 Mei lalu.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam proyek ini, salah satunya yaitu pekerjaan pengembangan dilakukan selama stasiun masih aktif beroperasi.

Baca juga: Duet Bareng Kontraktor China, Hutama Karya Bangun Tol Rp 2,08 Triliun di Jateng

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.