Kompas.com - 15/08/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) masih terus berjalan. Progresnya kini telah mencapai 12,95 persen.

Jalan tol sepanjang 3,2 kilometer ini nantinya akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port yang memiliki proyeksi kapasitas 900 ribu Teus pada 2023.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi mengatakan, pelaksanaan konstruksi Jalan Akses Tol Makassar New Port Tahap 1 dan 2 dilakukan secara paralel dan bersamaan.

Saat ini pelaksanaan konstruksi sudah mencapai 12,95 persen, dan ditargetkan bisa selesai sebelum September 2023 selama tidak ada kendala pembebasan lahan.

"Sehingga mudah-mudahan konstruksi bisa terus berlanjut dan pengoperasian sesuai target pelaksanaannya," ujar Koentjahjo Pamboedi dikutip dari laman BPJT, Senin (15/08/2022).

Baca juga: Mulai Dibangun, Ini Segudang Manfaat Jalan Akses Tol Makassar New Port

Menurut dia, BPJT selaku regulator jalan tol tidak terlepas untuk memperhatikan dan mendukung infrastruktur lain dalam hal konektivitas terutama menyangkut perihal logistik.

"Ketika harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan Makassar New Port, BPJT dalam segala upaya mengusahakan untuk membuat akses tol dari Jalan Tol di Makassar yakni Jalan Tol Seksi 1, 2, 3 dan Seksi 4 terhubung dengan Makassar New Port tersebut," jelasnya.

Makassar New Port merupakan pembangunan pelabuhan baru yang lebih besar kapasitasnya. Sekaligus menjadi pintu gerbang di kawasan Indonesia Timur dalam konteks regional dan internasional.

Akan tetapi, kondisi kapasitas jalan yang ada tidak mampu mengakomodir pergerakan kendaraan angkutan Pelabuhan.

"Sehingga nantinya jalan akses Tol MNP ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi, sistem angkutan barang ataupun logistik dan meningkatkan ekspor impor di Timur Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.