Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Jembatan Kaca Bromo-Tengger-Semeru Rampung, 3 Atraksi Siap Dinikmati

Kompas.com - 09/08/2022, 09:08 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merampungkan pembangunan Jembatan Kaca Seruni Point di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru (BTS), Jawa Timur.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kaca Seruni Point Achmad Riza Chairulloh mengatakan progres proyek ini mencapai 85 persen per akhir Juli 2022.

Proyek yang mulai dikerjakan pada akhir September 2021 tersebut ditargetkan bisa diresmikan pada Desember 2022 mendatang.

Bila telah beroperasi, pengunjung Jembatan Kaca Seruni Point bisa menikmati 3 atraksi yang tersedia di obyek wisata ini.

Proyek Jembatan Kaca Seruni Point di KSPN Bromo-Tengger-SemeruKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Proyek Jembatan Kaca Seruni Point di KSPN Bromo-Tengger-Semeru
"Pertama adalah atraksi adrenalin melihat jurang karena jembatan kaca ini membentang di atas jurang dengan kedalaman 80-100 meter," jelasnya kepada wartawan dalam Press Tour Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Jawa Timur, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Proyek Jembatan Kaca Pertama Indonesia Wajib Junjung Adat Suku Tengger

Atraksi kedua adalah pengunjung bisa menyaksikan keindahan pemandangan Gunung Batok, Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang mengelilingi Jembatan Kaca Seruni Point.

Selain itu, pengunjung juga dapat sekaligus berwisata di ekosistem area konservasi yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Ketiga, pada malam hari kami tawarkan konsep pencahayaan jembatan," tambah Achmad Riza.

Sehingga dengan pencahayaan jembatan, objek ini akan nampak jelas terlihat pada malam hari di titik tertentu.

Selain penyelesaian konstruksi jembatan, juga tengah dibangun area terminal pariwisata sebagai pintu masuk dan titik utama menuju jembatan kaca dan area shuttle.

Baca juga: Mulai Rp 200 Ribu, Anda Bisa Menginap di Homestay KSPN Bromo-Tengger-Semeru

Seiring dengan pembangunan tersebut, ikut dirancang penyediaan area parkir dan kios pendukung kebutuhan pengunjung.

Sementara untuk fisiknya, jembatan kaca ini memiliki panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter dengan struktur suspended cable.

Proyek Jembatan Kaca Seruni Point di KSPN Bromo-Tengger-SemeruKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Proyek Jembatan Kaca Seruni Point di KSPN Bromo-Tengger-Semeru
Komponen kaca yang digunakan akan melalui preliminary testing di laboratorium Balai Geoteknik, Terowongan, dan Struktur Kementerian PUPR hingga uji beban untuk memverifikasi desain sebelum dioperasionalkan.

Untuk kekuatannya, jembatan kaca ini mampu menampung hingga 100 orang dengan perhitungan kekuatan tampung mencapai 500 kilogram beban per meter persegi.

Rencananya setiap sesi kunjungan akan diberikan waktu selama 30-60 menit dengan kapasitas 100 orang.

"Jadi setelah menikmati wisata itu, keluar 100 orang pertama, baru 100 orang kedua menikmati," pungkas Achmad Riza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com