Kompas.com - 08/08/2022, 21:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur merupakan salah satu spot penting di rumah. Tempat untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh usai berkegiatan.

Tidak hanya soal kualitas kasur dan bantal, tinggi tempat tidur juga penting untuk diperhatikan. Semua itu demi kenyamanan tubuh.

Coba saja bayangkan rasanya keluar dari pintu mobil yang terlalu rendah dengan tanah atau sebaliknya. Tentu tidak nyaman bukan?

Sama halnya dengan tempat tidur. Apabila terlalu tinggi atau rendah, berpotensi memengaruhi fisik, kenyamanan, serta pengalaman tidur secara keseluruhan.

Untuk itu, ada baiknya Anda memperhatikan tinggi tempat tidur sebelum membelinya. Mulai dari lantai hingga permukaan kasur.

Baca juga: Tepatkah Meletakkan Kasur di Atas Lantai?

Melansir dari situs The Bedding Planet, sebetulnya memang tidak ada standar baku soal ukuran tinggi tempat tidur.

Semua itu tergantung kenyamanan dan kondisi fisik seseorang, khususnya harus proporsional dengan tinggi badan.

Kendati demikian, umumnya tinggi tempat tidur yang ideal harus setinggi lutut. Atau berkisar antara 16 inci (40,6 centimeter) sampai 24 inci (60,9 centimeter) dari lantai.

Ukuran tersebut membuat kedua kaki dapat dengan kuat menapaki lantai dan mendorong dari tempat tidur dengan lutut ditekuk.

Baca juga: Sebelum Staycation, Pahami Istilah dan Ukuran Tempat Tidur Hotel

Namun seiring bertambahnya usia, baiknya juga kembali mengevaluasi ketinggian tempat tidur. Kedepankan keamanan dan kemudahan.

Adapun cara mengukur tinggi tempat tidur yang ideal, salah satunya dengan menggunakan kursi.

Gunakan kursi yang membuat kedua kaki menyentuh lantai secara optimal dan nyaman (mencakup tumit dan jari kaki). Lalu ukurlah ketinggian kursi dengan lantai.

Kemudian, ukuran tersebut ditambah 2 inci (5,08 centimeter) atau 3 inci (7,62 centimeter) sesuai tekanan pegas pada kasur saat diduduki. Itulah tinggi tempat tidur ideal bagi Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.