Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Oktober, Intip Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Kompas.com - 18/07/2022, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur, sudah selesai. Tinggal penataan dan penyempurnaan sebelum diresmikan pada Oktober 2022 mendatang.

Pembangunan asrama mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021, bertujuan sebagai wadah pembinaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bagi generasi muda di tingkat perguruan tinggi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah meninjau AMN Surabaya dan mengecek satu persatu ruangan pada Sabtu (16/07/2022) lalu.

Menurutnya, secara keseluruhan kondisi bangunan asrama memiliki kualitas bagus. Apresiasi dituangkan dalam catatan testimoni kunjungan kerja.

Baca juga: Asrama Mahasiswa Nusantara Surabaya Tuntas Dikerjakan

"Kualitas bangunan dan lansekap cukup memuaskan," tulis Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur.Dok. Kementerian PUPR Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur.
Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur Ditjen Cipta Karya M Reva Sastrodiningrat menyampaikan pembangunan AMN di Surabaya mulai dikerjakan 17 September 2021 dan telah selesai sesuai kontrak 14 Mei 2022.

Pelaksana pembangunan dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) Tbk dan PT Parigraha Konsultan selaku Konsultan Manajemen dengan nilai kontrak Rp 95,4 miliar.

Nantinya gedung asrama ini akan dihibahkan dan dikelola oleh Kemendikbud bersama Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca juga: Simak, Aturan dan Cara Menghitung Tarif Sewa Rusun

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur.Dok. Kementerian PUPR Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur.
"Bangunan asrama terdiri dari 2 tower setinggi 5 lantai dengan jumlah unit 188 kamar untuk menampung 528 mahasiswa," kata Reva.

Selain hunian, BPPW Jatim juga membangun fasilitas pendukung. Di antaranya kamar mandi dan toilet komunal, ruang ibadah, klinik, kantor pengelola, ruang makan, dapur, ruang laundry, ruang sekuriti, dan lain-lain.

"Fasilitas pendukung pengembangan kompetensi mahasiswa juga dibangunan seperti perpustakaan/ruang baca, ruang belajar bersama, ruang seni, laboratorium, lapangan olahraga, ruang pembinaan entrepreneurship, dan lansekap," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com