Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asrama Siswi Ini Dirancang Menyatu dengan Alam

Kompas.com - 09/03/2022, 06:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila dalam pikiran Anda asrama adalah bangunan yang kuno dan membosankan, maka asrama milik siswi perempuan di Bangalore, India tentu akan membuat Anda tercengang.

JATF Baldota Girls Hostel merupakan asrama bagi perempuan dan terletak di jantung kota Bangalore, yang merupakan pusat bisnis dengan kepadatan penduduk tinggi.

Proyek ini ditangani oleh AJ Architechture dan bertujuan untuk menciptakan ruang yang aktif secara sosial dan ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan dengan mengadopsi gaya desain brutalis.

Faktor kunci dalam proses bangunan ini adalah meningkatkan interaksi siswa yang kerap menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruang dalam ruangan dengan berinteraksi dengan lanskap di sekitar mereka.

Baca juga: Industrial, Gaya Desain yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Lingkungan asrama ini dibuat terbuka sehingga tiap orang dapat berinteraksi dengan bebas. Atrium pusat memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam gedung.

Langit-langit bangunan yang tinggi berfungsi menghilangkan udara pengap dan panas di dalam gedung serta memperlancar aliran angin sehingga asrama ini bisa lebih sejuk di siang hari dan lebih hangat di malam hari.

Di dalam gedung asrama ini juga terdapat taman buatan vertikal, yang dibuat meniru taman alami di alam.

Asrama ini memiliki 45 kamar triple sharing, dilengkapi dengan pendingin udara dan dapat menampung 135 orang siswa.

Selain kamar tidur, para siswa juga dapat menikmati berbagai fasilitas menarik lain seperti gym, ruang aktivitas, perpustakaan digital, dan ruang makan di lantai paling atas.

Pada lobi pintu masuk terdapat bagian admin dan ruang pertemuan untuk orang tua dan siswa. Di luar pintu masuk, akses lobi dibatasi dengan kontrol akses biometrik.

Seluruh kompleks ini dijamin aman dan dipantau sepanjang waktu untuk keselamatan siswa. Sementara tempat parkir tersedia di basement.

Bagian eksterior asrama ini menggunakan batu bata merah sehingga menonjolkan kesan tradisional yang kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com