Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Besok, Uji Coba Peniadaan Transaksi di GT Palimanan Berakhir

Kompas.com - 23/04/2022, 10:01 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) telah memulai uji coba peniadaan di Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ini akan berakhir Minggu (24/4/2022).

Uji coba ini dilakukan selama tiga hari mulai Jumat (22/4/2022) pukul 06.00 WIB hingga Minggu (23/4/2022).

Setelah uji coba peniadaan di GT Palimanan selesai, LMS akan mengevaluasi bersama pemerintah untuk diterapkan pada masa mudik Lebaran 2022.

"Nanti kami akan evaluasi bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada tanggal 24 April 2022. Dan seperti apa penerapannya," ujar Wakil Direktur Utama LMS Firdaus Azis kepada Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Firdaus menjelaskan, peniadaan transaksi bukan berarti penghapusan tarif tol, melainkan pemindahan transaksi yang biasanya melalui GT Palimanan maka akan pindah ke exit toll (pintu keluar tol) masing-masing tujuan pengguna jalan.

Baca juga: Uji Coba Peniadaan Transaksi di GT Palimanan Dimulai Hari Ini, Tarif Tol Tetap Berlaku

"Jadi bukan peniadaan, tetapi pemindahan transaksi. Misalnya, biasanya transaksi bayar tol di GT Palimanan jadi pindah bayarnya di exit toll masing-masing pengguna jalan," ucap dia.

Menurut Firdaus penerapan peniadaan transaksi ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran 2022.

Apalagi jumlah pemudik tahun ini diprediksi akan meningkat mencapai 85,5 juta orang.

"Kebijakan ini rencananya akan diterapkan pada arus mudik lebaran 2022. Tapi, nanti kita akan lihat seperti apa hasil evaluasinya," kata Firdaus.

Jalan Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) merupakan salah satu ruas tol yang akan dimanfaatkan untuk mudik Lebaran 2022.

Tol Cipali menghubungkan daerah Cikopo di Purwakarta dengan Paliaman di Cirebon, dan akan dilewati oleh pemudik dari arah Jabotabek menuju ke Trans Jawa atau sebaliknya.

Rencananya, selama mudik lebaran kali ini, pembayaran tarif Tol Cipali akan dialihkan. 

Bila awalnya tarif tol Cipali dibayar di GT Palimanan, nantinya dapat dialihkan ke beberapa GT, mulai dari GT Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, dan Tol Batang-Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com