Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2022, Sektor Ritel Jakarta Diprediksi Membaik

Kompas.com - 22/04/2022, 19:51 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022, sektor ritel di Jakarta diprediski akan berangsur-angsur membaik terutama usai pemerintah meniadakan pembatasan wilayah.

Hal tersebut disampikan oleh Senior Manager Colliers Indonesia Eko Arfianto dalam Colliers Quarterly Report kuartal 1 (Q1) 2022.

“Di Jakarta, rata-rata tingkat hunian mal selama 6 bulan terakhir masih dibawah 70 persen. Namun terjadinya pandemi telah menyebabkan okupansi rata-rata turun sekitar 10 persen dibandingkan tahun 2019,” ujar Eko.

Keyakinan Colliers Indonesia bahwa sektor ritel akan kembali membaik pada tahun 2022 bukan tanpa sebab yang kelas.

Baca juga: Brand Asing Masih Ingin Berinvestasi di Pasar Ritel Indonesia

Asumsi ini didasarkan pada meningkatnya jumla orang yang divaksinasi, protokol kesehatan yang lebih terkontrol serta kondisi ekonomi yang perlahan membaik.

“Banyak penyewa yang ingin memulai bisnis lagi karena kunjungan ke pusat perbelanjaan kian meningkat. Situasi ini membuat peritel percaya diri untuk memperluas dan membuka kembali toko baru,” jelas Eko.

Salah satu contohnya yakni ritel fashion Jepang, Uniqlo, rencananya akan membuka cabang ke-47 di Indonesia di Ciputra Mal Jakarta.

Di Mall Taman Anggrek, Matahari Department Store akan kembali hadir setelah hengkang empat tahun lalu.

Bila banyak penyewa yang berkomitmen untuk membuka gerai baru tahun ini, maka penyerapan ruang ritel akan menjadi jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bahkan Colliers memprediksi rata-rata tingkat hunian ruang ritel di Jakarta bisa mencapai angka 72 persen di akhir tahun 2022.

Baca juga: Sektor Ritel Pulih, Jakarta Tambah 7 Mal Baru hingga 2024

Jumlah okupansi ini meningkat hampir 2 persen dibandingkan dengan data tahun 2021.

“Jika pasar merespon positif dan kepercayaan peritel meningkat, ada kemungkinan penyewa akan memperpanjang sewa mereka atau bahkan membuka toko permanen,” tambah Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com