Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemenang Sayembara Desain Stasiun Kota MRT Jakarta

Kompas.com - 20/04/2022, 10:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mengumumkan pemenang sayembara konsep dan skematik desain Stasiun Kota MRT Jakarta

Para pemenang tersebut yaitu juara pertama, dengan tema desain 'Dwara Batavia' yang diketuai oleh Dedy Wahyudi. 

Juara kedua dengan tema “Pancar, Pancur, Pencar” yang diketuai Anggi Oktovianto dan juara ketiga dengan tema “Kini Lalu” yang diketuai oleh Lucky Fachrurrozi. 

Baca juga: Proyek MRT Fase 3 Cikarang-Balaraja Dimulai Tahun 2023

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan publik dalam sayembara desain Stasiun Kota MRT Jakarta. 

“Saya ucapkan selamat untuk karya tim yang terpilih dan terima kasih telah berkontribusi untuk pengembangan kota. Selanjutnya, mari kita sama-sama kawal pembangunan MRT Jakarta Fase 2A sehingga MRT Jakarta dapat segera mengantarkan kita untuk bisa sampai dan menikmati Kota Tua,” kata Anies dalam keterangannya, Rabu (20/04/2022). 

Menurutnya, sayembara ini dilaksanakan sebagai kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat agar dapat berkontribusi memberikan ide desain Stasiun Kota.Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan keterlibatan para peserta dalam sayembara ini akan memberikan warna bagi wajah DKI Jakarta ke depannya. 

“Atas nama MRT Jakarta, saya memberikan apresiasi mendalam kepada seluruh peserta. Apa yang Anda lakukan saat ini memberikan dampak selamanya dengan memberikan warna bagi Jakarta dan Indonesia,” ucap William.

Dia menjelaskan, MRT Jakarta identik dengan kendaraan modern, namun modernisasi tersebut tidak bisa melupakan aspek sejarah dan budaya yang hadir jauh sebelum MRT Jakarta dibentuk.

Karena itu, kehadiran Stasiun Kota MRT Jakarta akan menjadi stasiun yang ikonik dengan satu area yang tertata dan terintegrasi. 

Meskipun terdapat tiga pemenang, nantinya konsep yang diajukan dari ketiga
pemenang tersebut akan dikolaborasikan ke dalam rancangan besar stasiun Kota MRT
Jakarta.

Sementara itu, Arsitek Dedy Wahjudi selaku juara pertama desain Stasiun Kota MRT Jakarta menyebutkan, stasiun ini akan menjadi gerbang pintu masuk pengunjung kota tua atau sebaliknya.

Pemenang sayembara konsep dan skematik desain Stasiun Kota MRT JakartaMRT Jakarta Pemenang sayembara konsep dan skematik desain Stasiun Kota MRT Jakarta
“Kami sebenarnya meminjam kekhasan satu bangunan tua stasiun kereta BEOS, yaitu lengkungnya menjadi bagian kuat yang memandu orang selama berada di kawasan Kota Tua ini," katanya. 

Kehadiran MRT Jakarta bukan lagi sekadar alat transportasi, melainkan sebagai ruang
ketiga yang memberikan pengalaman perjalanan bagi setiap penggunanya.

Dengan begitu, jumlah pengguna transportasi publik diharapkan akan meningkat dan menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah pejalan kaki dan pengguna transportasi publik.

"Kami berharap agar ada sepenggal pengalaman yang dirasakan para pengunjung Kota Tua saat berada di stasiun Kota MRT Jakarta,” pungkas Dedy.  

Diketahui, sayembara desain stasiun Kota MRT Jakarta dimulai sejak Februari 2022. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara MRT Jakarta bersama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). 

Sayembara tersebut digelar sejalan dengan pembangunan MRT Fase 2A, khususnya stasiun kota yang berdekatan dengan kawasan Kota Tua yang memiliki nilai sejarah Kota Jakarta dan menjadi kawasan cagar budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com