Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Rumah Terkecil di Dunia, Hanya 1 Meter Persegi

Kompas.com - 18/04/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Housing

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat banyak orang lain berlomba untuk menciptakan hunian berukuran luas, Van Bo Le-Mentzel melakukan hal sebaliknya.

Arsitektur sekaligus pendiri di Hartz IV Moebel ini menciptakan rumah terkecil di dunia yang berukuran hanya satu meter persegi seberat hanya 40 kilogram di Jerman.

Melansir Housing, Senin (18/4/2022), one-sqm house ini menawarkan pandangan futuristik ke dalam rumah kontemporer yang dapat berubah menjadi ruang publik.

Ide ini muncul karena fenomena kebutuhan ruang yang kian bertambah sementara lahan yang tersedia juga semakin sempit, terlebih di area perkotaan.

Rumah terkecil didunia ini dibangun dari struktur kayu yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal, kios keliling atau ruang ekstra di dalam apartemen biasa.

Baca juga: Deretan Rumah Teraneh di Dunia, Ada yang Terbuat dari Batu

Selain itu, rumah ini juga bisa digunakan secara horizontal maupun vertikal karena sistem flipping esque-nya.

Tersedia pula bingkai kayu, pintu yang dapat dikunci dan jendela geser hingga roda untuk memudahkan penghuninya memindahkan rumah ke mana saja.

Jelas Le-Mentzel, penghuni rumah ini bisa memutuskan mereka ingin jendela dan pintu rumah yang akan terbuka ke arah dan menghadap mana hingga memutuskan tetangga mana yang akan mereka miliki.

Salah satu USP terbesar dari rumah mungil adalah mereka hadir dengan ergonomi superior dan memaksimalkan ruang melalui inovasi.

Adapun Le-Mentzel sebenarnya adalah penduduk asli Laos, yang melarikan diri sebagai pengungsi dan telah menghabiskan sebagian besar kehidupan profesionalnya menjelaskan konsep-konsep yang berhubungan dengan rumah.

Baca juga: Unik, Menara Pengawas Ini Dirancang Mirip Struktur DNA Manusia

Ia juga bermitra dengan Corinne Rose dari BMW Guggenheim Lab di Berlin untuk membangun desa global yang terdiri dari unit ini. Mereka mendorong pengembangan banyak rumah mungil seperti itu oleh warga Berlin.

Sementara itu, lab juga akan menyewakan rumah-rumah ini untuk pelancong dan siswa, bahkan mereka juga bisa disewa di AirBnB.

Rumah itu seharusnya memulai tur enam tahun, ke seluruh dunia. Penduduk New York dan Mumbai, di antara mereka yang berada di kota-kota lain, akan didorong untuk melihat rumah-rumah mungil ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com