Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Terkini Preservasi Jalintim, Jalur Mudik Palembang-Jambi

Kompas.com - 18/04/2022, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di Provinsi Sumatera Selatan.

Mengutip Twitter Kementerian PUPR @Kemen_PU, preservasi jalan sepanjang 29,87 kilometer ini telah mencapai progres fisik 40,7 persen.

Adapun pekerjaan ini dilaksanakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sebagai inovasi peningkatan kualitas layanan jalan nasional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam tinjauan langsungnya pada Jumat (14/4/2022) berharap preservasi Jalintim Sumatera yang turut menghubungkan Palembang-Jambi ini bisa melayani arus mudik Lebaran tahun ini dengan maksimal.

“Tidak hanya jalan tol, jalan nasional juga kita cek karena perannya juga penting sebagai jalur logistik. Jalan Lintas Timur ini sekitar 30 kilometer sedang kita perbaiki dan ditata lagi untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penggunanya,” ujar Basuki.

Baca juga: Mudik Lebaran, Anda Bisa Lewat Deretan Lima Tol Terpanjang di Indonesia

Untuk diketahui, proyek preservasi jalan yang dilakukan sejak Maret 2021 tersebut berupa pemeliharaan rutin, berkala, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

Secara keseluruhan, terdapat enam ruas Jalintim Sumsel yang dilakukan preservasi dengan target penyelesaian pada tahun 2023.

Keenamnya adalah Jalan Srijaya Raya sepanjang 6,3 kilometer, Jalan Mayjen Yusuf Singadekane sepanjang 5,2 kilometer, dan Jalan Letjen H Alamsyah Ratu Prawiranegara sepanjang 3,15 kilometer.

Lalu, Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 8,32 kilometer, Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar sepanjang 4 kilometer, dan Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II sepanjang 2,9 kilometer.

Proyek ini merupakan usaha patungan antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (Persero) melalui PT Jalintim Adhi-Abipraya.

Baca juga: Mau Mudik Sekaligus Liburan? Lewat Jalur Ini Aja

Dalam kerja sama tersebut, Adhi Karya memiliki porsi sebesar 60 persen, sedangkan 40 persen lainnya dimiliki oleh PT Brantas Abipraya.

Adapun investasi proyek preservasi Jalintim Sumatera Selatan ini hampir Rp 1 triliun atau tepatnya senilai Rp 982,4 miliar dengan masa konsesi selama 15 tahun. Rinciannya, 3 tahun masa konstruksi, dan 12 tahun masa layanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com