Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Vila dan Bagaimana Sejarah Kemunculannya

Kompas.com - 10/04/2022, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vila umumnya menggambarkan bangunan yang memiliki kemewahan dan biasanya dihuni oleh mereka yang berada pada kelas atau atau menengah.

Seperti dikutip dari Wise Geek, istilah vila pada awalnya merujuk kepada kawasan perkebunan milik orang-orang Romawi.

Sebuah vila Romawi merupakan kawasan yang memiliki beberapa bangunan seperti bangunan utama dengan fasilitas lengkap, gudang penyimpanan, fasilitas pemerasan anggur dan kandang kuda.

Bangunan pun dikelilingi oleh taman-taman indah dan lahan pertanian yang berfungsi, dan dikelola oleh para pelayan.

Beberapa vila Romawi dekat dengan daerah perkotaan, memungkinkan para pemilik berkunjung ke kota.

Baca juga: Tengok 3 Vila Mewah di Film House of Gucci

Sedangkan villa yang lain berlokasi di daerah yang lebih terpencil, dan hanya digunakan bila pemiliknya ingin berlibur terutama di musim panas.

Salah satu karakteristik utama vila Romawi adalah bahwa vila dirancang memilik pengamanan yang tinggi dan sangat berguna ketika Kekaisaran Romawi mulai runtuh.

Beberapa vila dijarah dan dihancurkan, tetapi yang lain mendukung komunitas kecil yang mengubahnya menjadi pemukiman berbenteng untuk mempertahankan diri dari penjajah.

Sangat sedikit contoh vila dari periode Romawi yang masih ada hingga sekarang, tetapi banyak ekspedisi arkeologi telah menemukan jejaknya.

Obsesi orang Eropa pada kekaisaran Romawi membuat banyak orang kaya Eropa mulai membangun replika vila Romawi pada zaman Renaissance.

Vila-vila tersebut berbentuk rumah perkebunan, dan lebih difungsikan pada rekreasi daripada lahan perkebunan.

Baca juga: Vila Balbiano di Film House of Gucci Kini Disewakan lewat Airbnb

Bentuk desain rumah pun terpengaruh oleh vila milik bangsa Romawi dan juga dikelilingi oleh taman-taman dengan desain yang kompleks.

Penyebutan vila sebagai sebuah bangunan mewah di kawasan pedesaan masih menjadi istilah umun di banyak wilayah di dunia.

Namun, pada akhir 1800-an, istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan rumah pinggiran kota. Vila bahkan mulai di bangun di lahan yang tidak terlalu luas meski memiliki desain yang megah.

Saat ini, istilah vila merujuk pada rumah-rumah mewah dengan fasilitas super lengkap yang hanya digunakan saat masa liburan.

Umumnya vila berlokasi di pegunungan, pesisir pantai atau tengah laut, dan menawarkan pemandangan alam nan indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com