Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Stok Properti Mewah untuk 1.125 Miliarder Indonesia

Kompas.com - 08/03/2021, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rentang waktu 2020-2025, miliarder atau crazy rich Indonesian diprediksi melonjak 67 persen menjadi 1.125 orang.

Sebagaimana tipikal kalangan Ultra High Neth Worth Individual (UHNWI) Asia lainnya, orang-orang tajir Indonesia ini akan membelanjakan 25-28 persen hartanya untuk properti.

Menarik dicermati, properti seperti apa yang akan dibeli oleh UHNWI dengan kekayaan lebih dari 30 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 430 miliar ini?

Baca juga: Crazy Rich Indonesia Melonjak 67 Persen, Paling Banyak Belanja Properti

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengungkapkan, mereka akan membeli properti-properti dalam bentuk rumah tapak dan apartemen mewah dengan harga di atas Rp 5 miliar.

"Harga bukan menjadi pertimbangan utama dan mereka tidak bergantung atau sensitif terhadap angka maupun stimulus fiskal," ujar Syarifah menjawab Kompas.com, Jumat (05/03/2021).

Ruang keluarga di apartemen The Residences at The St Regis Jakartadokumentasi Rajawali Property Group Ruang keluarga di apartemen The Residences at The St Regis Jakarta
Menurut dia, umumnya, properti mewah ini berada di pusat kota, dekat dengan fasilitas pusat belanja, komersial, dan fasilitas gaya hidup lainnya.

Khusus untuk rumah mewah, lokasi yang diincar para miliarder berada di kawasan-kawasan yang secara tradisi merupakan konsentrasi kalangan elite.

Sebut saja Menteng (Jakarta Pusat), Kemang, Pondok Indah, Permata Hijau, dan Senopati (Jakarta Selatan), serta Kepala Gading dan Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara). 

Baca juga: Populasi Superkaya Indonesia dengan Harta Rp 430 Miliar Melonjak 67 Persen

Sementara untuk apartemen mewah, tidak jauh dari Central Business District (CBD) Jakarta, Kebayoran Baru, dan Pondok Indah.

Menurut riset Knight Frank Indonesia, terdapat 1.500 stok apartemen dengan harga di atas Rp 5 miliar yang siap diserap pasar.

Rinciannya, apartemen eksisting sejumlah 932 unit, dan pasokan baru yang dijadwalkan masuk pasar tahun 2021 sebanyak 568 unit.

Adapun properti-properti mewah yang kini tengah dipasarkan, sebagai berikut:

Apartemen

1. Sun and Moon Apartement di Kompleks The Dharmawangsa, Kebayoran Baru

Apartemen ini merupakan hasil kerja sama antara Grup Samudranayaka Unggul dan pengembang asal negeri Jepang, Tokyo Tatemono.

2. Langham Residence at District 8, Sudirman CBD, Jakarta Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com