Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raup 36 Suara, Bali Terpilih Jadi Tuan Rumah World Water Forum 2024

Kompas.com - 21/03/2022, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2024, Indonesia akan menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 mendatang, tepatnya diselenggarakan di Bali.

Keputusan ini diambil setelah Indonesia memperoleh 30 suara dari toal 36 suara Board of Governors (Dewan Gubernur) World Water Council dalam gelaran WWF ke-9 di Dakar, Senegal, Sabtu (19/3/2022).

Dengan mengangkat tema "Water for Shared Prosperity", nantinya WWF ke-10 akan menjawab tantangan dan potensi global yang disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

Terdapat 5 kriteria utama yang dilaporkan Tim Seleksi mencakup:

  1. Substansi dan Program
  2. Kesiapan Logistik (venue) dan aspek Teknis
  3. Pengorganisasian Event
  4. Komunikasi dan Marketing
  5. Komitmen Pembiayaan untuk Penyelenggaraan WWC 2024.

Baca juga: AIWW ke-2 Digelar, Ketersediaan Air Pasca Pandemi Jadi Topik Utama

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Bali memiliki pengalaman yang kaya dan fasilitas pendukung yang sangat baik untuk mengadakan acara internasional.

"Sehingga, diyakini dapat mendukung pelaksanaan agenda WWF ke 10 tahun 2024 dengan baik," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (21/3/2022).

Dia memastikan, pihaknya akan menyusun penyelenggaraan WWF ke-10 secara nyaman, aman, dan efisien.

Tahun 2024, kata Basuki, pada forum WWF ke-10 diselenggarakan nantinya bisa merasakan keramahan serta kearifan lokal Bali, termasuk sistem Subak yang telah menjadi warisan dunia UNESCO.

Selanjutnya, Basuki berharap, diadakannya WWF ke-10 tahun 2024 dapat ditemukannya solusi untuk menjawab permasalahan air secara global, khususnya memastikan ketersediaan serta pengelolaan air dan sanitasi berkelanjutan.

“Disertai komitmen yang kuat, upaya yang keras, dan kerja sama yang solid di bawah kepemimpinan WWC, saya yakin kita dapat memenuhi tujuan bersama tersebut,” tutur Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com