Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Lanskap Sirkuit Mandalika, Jokowi: Sudah Dipercantik dengan Bunga

Kompas.com - 14/01/2022, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penataan lanskap dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid menuju Sirkuit Mandalika yang telah dipercantik dengan bunga-bunga.

"Sudah mulai dipercantik dengan bunga-bunga, di bukit-bukti tertentu juga dihijaukan kembali," terang Jokowi dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet, Jumat (14/1/2022).

Sehingga, kata dia, tamu-tamu yang datang dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid menuju Sirkuit Mandalika dapat melihat lanskap yang lebih cantik dan indah.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika dibangun untuk mendukung gelaran MotoGP yang akan dilaksanakan 6 Maret 2022.

Adapun Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Penamaan sirkuit ini dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (07/10/2021).

Baca juga: Jokowi Optimistis Homestay di Mandalika Terisi Penuh Jelang MotoGP

Pertamina Mandalika International Street Circuit dirancang sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter.

Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika sendiri mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Sirkuit Mandalika dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Dalam masa pandemi Covid-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri.

Namun karena dibangun di atas lahan hampir 100 hektar, ada banyak tempat terbuka. Sehingga ini menjadi kesempatan untuk mendatangkan lebih banyak penonton di masa depan.

Sirkuit Mandalika mendapatkan tiga rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak.

Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), serta yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com