Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Pembangunan SDN di Kalbar, Ini Catatan Basuki

Kompas.com - 30/11/2021, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono baru saja meninjau salah satu pembangunan infrastruktur pendidikan di Kalimantan Barat (Kalbar).

Infrastruktur pendidikan dimaksud adalah SDN 01 Kedamin Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu, salah satu dari enam sekolah dasar yang direhabilitasi Kementerian PUPR di Kabupaten Kapuas Hulu pada TA 2021.

Basuki memeriksa secara detail beberapa komponen bangunan seperti jendela dan pintu hingga sarana sanitasi untuk memastikan kualitas mutu infrastruktur yang dibangun.

Dia juga meminta agar ketinggian selasar disesuaikan dengan lapangan olahraga, serta diberikan railing pengaman dan pagar keliling untuk memberikan kenyamanan dan keamanan siswa.

Baca juga: Begini Cara Menerapkan Gaya Hidup Hemat Energi di Sekolah

"Lingkungan sekolah harus hijau, lapangan harus ada rumputnya dan ditanami tanaman peneduh," tutur Basuki dalam keterangan pers Minggu (28/11/2021).

Selain itu, mengarahkan agar pembangunan fisik SDN 01 Kedamin Hulu dapat selesai tepat waktu dengan kualitas mutu yang baik.

Sebagai informasi, pembangunan dan rehabilitasi SDN 01 Kedamin Hulu dikerjakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar sejak 6 April 2021 dan ditargetkan selesai Desember 2021.

Saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 94 persen dengan kontraktor pelaksana PT Cakrawala Surya Raya-PT Adian Teknik Natama (KSO).

Adapun pekerjaan fisiknya meliputi pembangunan 11 ruang belajar, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, UKS, 12 toilet umum, toilet difabel, dan lansekap.

Pekerjaan ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dukungan infrastruktur pendidikan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR guna mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com