Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda, Makna dari Konsep Nagara Rimba Nusa IKN Baru?

Kompas.com - 11/09/2021, 18:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Konsep "Nagara Rimba Nusa" karya tim Urban+ rancangan Sibarani Sofian bakal digunakan dalam pembangunan tata ruang kota ibu Negara baru sebagai representasi kemajuan bangsa.

Nagara Rimba Nusa memiliki arti pemerintahan (Nagara), hutan (Rimba), dan Pulau (Nusa). Dari luas area Ibu Kota Negara yang mencapai 202 hektar, konsep inti dari Nagara Rimba Nusa hanya menyerap lahan seluas 2.000-3.000 hektar.

Konsep besar yang ditawarkan desain ini adalah tata kota modern, pembangunan manusia, sifat manusia, dan kelestarian alam.

Baca juga: Diana Ungkap Dana untuk Membangun IKN Belum Ada

Konsep desain Nagara Rimba Nusa ini mengedepankan perencanaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Biru yang terhubung menjadi elemen penting bagi konsep ekologis kota dan konservasi alami Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Dengan visi IKN katalis peningkatan peradaban Indonesia yang mengedepankan kemajuan bangsa yang unggul: mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkunga serta mewujudkan kota yang cerdas, modern dan berstandar Internasional.

Sibrani Sofian menjelaskan hal tersebut dalam webinar Ibukota Negara 'Suatu Perencanaan Urban dan Arsitektur (Sabtu, 11/9/2021), "Nagara mengandung makna sebagai presentasi, jati diri, karakter, dan semangat Bangsa Indonesia."

"Kemudian terdapat manifestasi pilar-pilar kebangsaan Indonesia, sistem perkotaan yang liveable, berketahanan dan adaptif, pemodelan kota cerdas Indonesia menuju society 5.0," kata dia.

Baca juga: Sebagian Infrastruktur IKN Ditargetkan Rampung Tahun 2024

IKN Baru didesain sebagai ibu kota yang future ready, efesien dan siap beradaptasi dengan teknologi masa depan.

Rimba mendefinisikan kota yang tetap bersahabat dengan hutan. Terinspirasi dari oleh hutan dan alam di Indonesia. Mengembalikan hutan tropis Kalimantan sebagai jantung paru-paru dunia.

"Sementara Nusa, terinspirasi oleh negara kepulauan Indonesia. Nantinya struktur ruang-ruang pembangunan di antara lautan hutan Kalimantan, bersahabat juga dengan air dan menghadap teluk Balikpapan," tuntas dia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com