Kompas.com - 11/09/2021, 13:05 WIB
Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta. Youtube Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan sebagain insfrastruktur Ibu Kota Negera (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diharapkan dapat rampung pada tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Infrastruktur Dasar Permukiman (Tim Satgas PPI-IKN) Antonius Budiono dalam Webinar “Ibu Kota Negara, Suatu Perancagan Urban dan Arsitektur”, Sabtu (11/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Perencanaan Masterplan dan tata ruang IKN dilakukan secara bersamaan sejak awal 2020. Namun ketika pandemi Covid-19 berlanhsung, proses di lapangan juga tertunda,” jelasnya.

Proses pembangunan infrastruktur di IKN akan dilakukan secara bertahap sehingga kemungkinan sebagian infrastruktur bisa selesai pada tahun 2024.

Baca juga: Pemprov Kaltim Harap IKN Dibangun dengan Konsep Adaptif

“Bila tidak ada kendala dan pandemi ini sudah mulai berakhir, pembangunan bisa dimulai di awal tahun 2022. Sehingga nantinya pada tahun 2024, sebagian gedung kementrian dan istana sudah selesai dibangun,” ungkap Antonius.

Menurut Antonius, pembangunan infastruktur sebuah kota harus dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan dengan kebutuhan dari Kementerian-Kementerian yang ada.

Misalnya saja, soal pembangunan jaringan limbah harus dibuat secara bertahap karena  menyesuaikan dengan gravitasi setempat. Hal ini berbeda dengan proses pembangunan jaringan air.

Selain pusat pemerintahan, di IKN juga akan dibangun pusat permukiman, pusat ekonomi, pusat pendidikan, hingga pusat penelitian dan riset.

Sementara menyangkut persoalan istana negara, Antonius menjelaskan masih dalam tahap penyesuaian karena harus dirancang lebih efisien.

“Seluruh bangunan di IKN nanti termasuk istana harus dibuat lebih efisen,” tegasnya.

Ia menambahkan seluruh proses pembangunan di IKN tidak akan terjadi dalam waktu singkat dan baru akan rampung di tahun 2045 mendatang.

"Akan ada sayembara lagi untuk pembangunan gedung lainnya seperti gedung DPR, Mahkamah Agung hingga Istana Wakil Presiden," pungkas Antonius. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.