Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimisme Bumi Benowo, Pasarkan Gudang Ready Stock hingga Ekspansi ke Jakarta

Kompas.com - 10/07/2021, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk memandang optimistis Semester II tahun 2021, meski pandemi Covid-19 belum usai dan sejumlah kebijakan pembatasan diberlakukan.

Optimisme ini mengacu pada kinerja Semester I yang lebih baik dibanding tahun 2020 yang menunjukkan peningkatan.

Tahun lalu, pada awal pandemi Covid-19, perseroan mencatat kinerja laba sebelum pajak Rp 512 juta dari total pendapatan Rp 3,4 miliar.

Presiden Direktur PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk Felix Soesanto menuturkan, meski Semester II ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun perseroan melihat peluang dan potensi yang harus digarap secara serius.

Baca juga: Lewat PP 71/2021, JIIPE Resmi Disahkan Jadi KEK Teknologi dan Manufaktur

Karena itu, perseroan telah menyiapkan sejumlah strategi antisipatif. Strategi ini terutama terkait dengan peluncuran produk-produk baru pergudangan modern di Jawa Timur, khususnya Gresik dan sekitarnya.

Pergudangan Bumi Benowo Gresik, contohnya. Perseroan tengah memasarkan 10 unit gudang siap huni atau ready stock berdimensi 300 meter persegi dengan harga mulai dari Rp 3 miliaran. Sementara yang tengah dibangun sebanyak 20 unit. 

"Kami akan terus memasarkan dan membangun gudang untuk pelaku usaha e-commerce dan fulfilment atau digital storage," ujar Felix kepada Kompas.com, Jumat (09/07/2021).

Hal ini karena Pergudangan Bumi Benowo berada di kawasan Gresik yang berkembang pesat, dan dikenal sebagai penyokong utama kawasan industri Surabaya.

Baca juga: Dukung Ekonomi Jawa Timur, Tol Gempol-Pasuruan Tembus Kawasan Industri PIER

Menilik dari lokasinya yang dekat dengan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya, Pelabuhan Teluk Lamong, serta PT Semen Indonesia Tbk dan PT Petrokimia Gresik, pergudangan modern ini makin diminati.

Tidak saja oleh perusahaan-perusahaan dengan konsentrasi general trading dan ekspor-impor juga e-commerce.

Ekspansi ke Jakarta dan Surabaya

Pergudangan Bumi Benowo Gresik, Jawa TimurBumi Benowo Pergudangan Bumi Benowo Gresik, Jawa Timur
Dengan cadangan lahan atau landbank yang masih cukup untuk pengembangan satu dekade ke depan, perseroan akan menambah portofolio lainnya setelah Pergudangan Bumi Benowo.

"Saat ini kami masih terus melakukan pembebasan lahan di Benowo," ungkap Felix.

Perseroan menilai bahwa harga tanah lahan pergudangan tetap akan murah pada tahun 2021.

Baca juga: 10 Tower Rusun Dibangun untuk Pekerja Kawasan Industri Terpadu Batang

Oleh karena itu, perseroan terus mencari land bank yang terletak di lokasi strategis dengan aksesibilitas baik yang akan memberikan peningkatan nilai dari aset tersebut.

Selain Gresik, perseroan menargetkan pengembangan gudang multi-tenant di area baru di Jakarta dan Surabaya.

Strategi ekspansi ini ditempuh untuk mengakomodasi tingginya permintaan dari sektor industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum pernah digarap sebelumnya dan akan fokus pada sektor fast moving consummer goods dan e-commerce.

Seraya mencari dan membebaskan lahan, perseroan juga aktif meningkatkan brand awareness dengan memperluas area promosi dan pemasaran di antaranya dengan mengadakan penetrasi pasar melalui media digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com