Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kedua Lebaran, Tol Cipali Hanya Dilintasi 11.000 Kendaraan

Kompas.com - 15/05/2021, 14:21 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali mencatat, sebanyak 11.000 kendaraan melintas di Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada hari kedua Lebaran 2021, Jumat (14/05/2021).

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan, angka ini sama halnya dengan jumlah keseluruhan di Tol Cipali.

"Tercatat total kendaraan yang melintas Jumat (14/05/2021) sebesar 11.000 kendaraan," tutur Suyitno dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/05/2021).

Suyitno mengungkapkan, jumlah itu tersebut turun hingga 65 persen dibandingkan volume lalu lintas (lalin) harian normal.

Meski begitu, Astra Tol Cipali tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan yang melintas di GT Palimanan seperti pengoptimalan 6 gardu keluar dan enam gardu masuk.

"Adapun optimalisasi gardu di GT Palimanan masih akan terjadi penambahan apabila kondisi lalin pada arus balik dan arus wisata mengalami peningkatan," lanjut Suyitno.

Astra Tol Cipali juga bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) dalam menyediakan
SPBU mini di 8 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area di arah Palimanan dan Jakarta.

Baca juga: Hari Pertama Lebaran, GT Palimanan Dilintasi Hanya 9.781 Kendaraan

Kemudian, mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan di Tol Cipali pada arus balik serta menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Selain itu, juga dimaksimalkan sejumlah armada layanan lalin yang terdiri dari 12 unit mobil
Patroli, 5 ambulans, 12 derek, 2 unit mobil rescue, dan 6 unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) yang bersinergi dengan kepolisian wilayah.

Fasilitas pendukung juga tersedia seperti Variable Message Sign (VMS) dan spanduk imbauan tersebar di sepanjang Tol Cipali.

Hal ini untuk memberikan informasi seputar arus lalin terkini di Tol Cipali.

Dengan kondisi lalin yang tidak menentu saat pelarangan mudik berlaku, Astra Tol Cipali mengimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati dan selalu tertib berkendara.

Contohnya, mematuhi batas kecepatan maksimal 100 kilometer per jam dan batas kecepatan minum 60 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com