Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lagi Sebut Bekasi Planet Antah-berantah, Semua Raja Properti Kumpul di Sini

Kompas.com - 14/03/2021, 22:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Jika Anda menemukan jalan rusak bak kubangan kerbau, berdebu, banjir, banyak angkot, macet, minim penghijauan, Anda telah menginjakkan kaki di Planet Bekasi".

Ini adalah seloroh warganet yang direkam Kompas.com dengan tagar #planetbekasi yang menjadi trending di media sosial Twitter pada Tahun 2015.

Enam tahun berlalu, masih samakah kondisi Planet Bekasi (baik kota maupun kabupaten) yang tak jarang disebut warganet sebagai Planet Antah-berantah ini?

Baca juga: Tren Pencarian Rumah di Jadebotabek Meningkat, Bekasi Masih Favorit

Ternyata, kawasan timur Jakarta tersebut mengalami perubahan signifikan untuk tidak dikatakan melaju kencang. Walau untuk itu, harus diakui peran pemerintah pusat sangat besar di sini.

Betapa tidak, sejumlah pembangunan infrastruktur dengan nilai triliunan rupiah yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) dibangun dan melintasi Bekasi.

Mari kita sebut satu per satu, mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Layang), Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang dijadwalkan beroperasi Juni 2022, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Selain itu, terdapat infrastruktur lain yang sebagian sudah beroperasi, sebut saja Tol Cimanggis-Cibitung, Tol Cibitung-Cilincing, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, dan Commuter Line Jakarta-Bekasi.

Boleh dikatakan, tak ada kawasan dengan infrastruktur selengkap Bekasi. Kelak jika seluruhnya tuntas dan beroperasi, warga "Planet" Bekasi boleh menyombongkan diri, mau memanfaatkan infrastruktur apa pun tersedia.

Kecuali Mass Rapid Transit (MRT) yang untuk saat ini hanya bisa dibanggakan oleh warga ibu kota Jakarta.

Sementara fasilitas lainnya yang superlengkap adalah pusat perbelanjaan. Meminjam istilah generasi baby boomers, di setiap pengkolan kawasan Bekasi terdapat satu mal.

Bukan isapan jempol, karena faktanya menurut catatan Kompas.com terdapat 29 mal di kawasan ini, baik yang sudah beroperasi maupun dalam konstruksi.

Mereka adalah Bekasi Cyber Park, BTC I, BTC II, Mega Bekasi Hypermall, Metropolitan Mall, Grand Metropolitan Mall, dan Grand Galaxy Mall.

Kemudian, Bekasi Junction, Revo Town Bekasi, Plaza Jababeka, Mal Lippo Cikarang, Grand Mall Bekasi, Prima Sentra Grosir Bekasi, Cikarang Trade Center, Sentra Grosir Cikarang, Plaza Metropolitan Tambun, Mal Pekayon, Bekasi Town Square, dan Blu Plaza by Lippomalls.

Sempat padam, listrik di Stasiun Bekasi, Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi kembali normal, Rabu (5/9/2018).KOMPAS.com/-DEAN PAHREVI Sempat padam, listrik di Stasiun Bekasi, Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi kembali normal, Rabu (5/9/2018).
Selanjutnya Summarecon Mall Bekasi, Lave Mall Bekasi, Transpark Mall Bekasi, dan Chadstone Pollux Mall, Grand Dhika City Mall, Harapan Indah Mall, Living World Grand Wisata, AEON Mall Deltamas, Pakuwon Mall Bekasi, dan Plaza Indonesia Jababeka.

Belum lagi hotel berbintang hingga klasifikasi bintang empat, kawasan industri skala internasional, rumah sakit, dan pusat pendidikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com