Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Command Center Jalan Tol Berbasis ITS

Kompas.com - 05/03/2021, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memiliki command center (pusat kendali) lalu lintas jalan tol berbasis Intelligent Transportation System (ITS) pertama dan terlengkap di Indonesia yaitu Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

JMTC merupakan inovasi berbasis teknologi yang menjawab kebutuhan Jasa Marga dan pengguna dalam pengelolaan pelayanan jalan tol terintegrasi dan menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas.

Sehingga, dapat digunakan untuk pengambilan keputusan rekayasa lalu lintas yang juga melibatkan stakeholder (pemangku kepentingan) terkait.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengungkapkan, keunggulan JMTC terletak pada sistem ITS yang mengintegrasikan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di Jalan Tol Jasa Marga Group.

"Hal ini membuat Jasa Marga menjadi pengelola jalan tol dengan sistem pengolah data lalu lintas terlengkap dan terpadu di Indonesia," tutur Atika dalam siaran pers, Jumat (5/3/2021).

Dengan penerapan ITS ini, JMTC dilengkapi Advanced Traffic Management System (ATMS) yang mampu menganalisa kondisi kepadatan di jalan tol.

ATMS ini dapat mengetahui kecepatan rata-rata kendaraan pada segmen jalan tol serta menghitung data volume kendaraan sesuai dengan kapasitas.

Baca juga: Lewat Travoy 3.0, Pengguna Tol Bisa Mengecek Tarif, hingga Derek Daring

Apabila kendaraan mendekati kecepatan minimum dan volume mendekati kapasitas maksimal di suatu ruas jalan tol, maka sistem ini memberikan peringatan dini kepada petugas untuk dapat melakukan pengaturan lalu lintas.

Pengelolaan informasi ini juga dilengkapi juga dengan sistem Advanced Traveller Information System (ATIS) yang dapat memberikan informasi kepada pengguna jalan tol baik sebelum maupun selama dalam perjalanan dengan tetap memperhatikan keamanan berkendara.

Informasi ini didapatkan melalui One Call Center 24 Jam, Variable Message Sign (VMS) hingga Travoy 3.0.

Atika mengungkapkan, dengan perpaduan informasi terintegrasi ini maka petugas dapat berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas contra flow, ramp metering, atau one way, secara proporsional.

Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

Selain itu, JMTC memiliki Incident Management System (IMS) yaitu alat deteksi dini gangguan lalu lintas dengan mengidentifikasi perubahan kecepatan kendaraan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

JMTC juga memiliki sistem adaptasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang memberikan data pelanggaran lalu lintas di jalan tol.

Misalnya, pelanggaran kecepatan dan muatan dengan bantuan peralatan speed camera lengkap dengan pendeteksi plat nomor kendaraan serta weight in motion (WIM) kepada pihak Kepolisian untuk selanjutnya diproses hukum.

Untuk diketahui, JMTC merupakan bentuk penyempurnaan dari Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) yang merupakan pusat informasi dan komunikasi lalu lintas jalan tol dan telah beroperasi sejak tahun 2005.

JMTC memiliki 1.705 CCTV, 65 Smart CCTV, 204 VMS, dan 22 Remote Traffic Monitoring System (RTMS) yang tersebar di jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia.

Teknologi ini nantinya akan memudahkan koordinasi antara Jasa Marga dengan Korlantas Polri Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memutuskan rekayasa lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com