Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artis Korea Sumbang Miliaran Rupiah Perangi Virus Corona, Bagaimana Artis Indonesia?

Kompas.com - 17/03/2020, 10:16 WIB
Melvina Tionardus,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan lebih dulu merasakan pandemi virus corona yang kini mulai dialami di Indonesia.

Bedanya dengan di Indonesia, sejak virus corona mewabah di Korea Selatan, sederet artis asal negeri gingseng tersebut tak segan berdonasi hingga miliaran rupiah untuk proses penanganan corona di negaranya.

Seperti utas (thread) yang dibuat akun Twitter @K_DramaIndo sejak 22 Februari 2020 mengenai artis-artis yang berdonasi, berikut rangkumannya.

Baca juga: Vokalis Coldplay, Chris Martin, Temani Penggemar Lewat Siaran Live dari Rumah

Kim Go Eun dan Gong Yoo

Dua bintang drama Goblin yang pernah sangat populer ini masing-masing menyumbangkan 100 juta won Korea atau setara Rp 1,14 miliar.

Kim Go Eun memfokuskan bagi masyarakat yang kesusahan membeli masker. Ada sekitar 40 ribu masker yang dibagikan untuk mencegah meluasnya corona.

Sementara sumbangan dari Gong Yoo hanya tertulis untuk membantu mencegah penyebaran corona di Korea.

Park Seo Joon

Park Seo Joon yang kini tengah melambung namanya bersama drama Itaewon Class juga telah mendonasikan 100 juta won Korea atau setara Rp 1,14 miliar untuk membantu Komunitas Sosial di Daegu yang sedang menangani para pasien corona.

Sumbangan tersebut digunakan untuk membeli peralatan medis yang dibutuhkan untuk melindungi diri pekerja medis dan untuk pengobatan pasien.

Baca juga: T.O.P BIGBANG Donasikan Rp 1,1 Miliar Atasi Penyebaran Virus Corona di Korea

IU

Penyanyi, aktris, dan penulis lagu ini bahkan menggelontorkan dana 200 juta won Korea atau Rp 2,31 miliar ke dua lembaga berbeda untuk membantu mencegah penyebaran corona.

Sebelumnya, IU dipilih Forbes sebagai salah satu pahlawan filantropi Asia atau Asia’s Heroes for Philanthropy pada awal bulan Desember 2019 karena ketekunannya beramal.

Kim Han Bin (B.I)

Meski sudah tidak bergabung lagi dengan grup iKON, Kim Han Bin tak ragu membagikan 100.000 masker senilai 200 juta won Korea atau Rp 2,27 miliar untuk membantu pencegahan corona.

Masker tersebut diberikan untuk para fansnya. Di Korea mendapat jatah 20.000 masker, China 20.000 masker dan sisanya dikirim ke Jepang, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Baca juga: B.I Eks iKON Sumbang Rp 2,2 Miliar untuk Cegah Penggemar Terpapar Virus Corona

Son Ye Jin, Suzy, Song Joong Ki

Pemeran Yoon Se Ri dalam drama Crash Landing On You, Son Ye Jin juga menyumbangkan 100 juta won Korea atau Rp 1,14 miliar rupiah untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Korea.

Tindakan serupa juga diikuti oleh artis terkenal lainnya, seperti aktris dan penyanyi Suzy dan aktor Song Joong Ki, serta masih banyak lainnya.

Utas ini sekarang ditanggapi beragam oleh warganet dengan harapan bisa menjadi contoh pula di Indonesia.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, IU Sumbang Rp 1,1 Miliar untuk Masyarakat Daegu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com