Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau dari Botol Minum Plastik

Kompas.com - 16/04/2024, 15:58 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Euro Plas

JAKARTA, KOMPAS.com - Botol minum plastik adalah salah satu wadah yang umum digunakan untuk menyimpan minuman, baik di rumah, kantor, maupun saat bepergian.

Botol minum plastik tersedia dalam berbagai ukuran dan aman dibawa ke mana-mana tanpa harus takut terjatuh dan pecah. 

Baca juga: Cara Mencuci Botol Baru, Bisa Pakai Cuka dan Soda Kue

Namun, penggunaan yang intensif dan rutin dapat menyebabkan botol minum plastik mengembangkan bau tidak sedap.

Banyak orang masih percaya bahwa mencuci botol minum plastik dengan air mendidih atau air hangat adalah cara terbaik menghilangkan bau tak sedap serta membersihkannya dari kuman juga bakteri. 

Namun, menurut Rolf Halden, Direktur Pusat Teknik Kesehatan Lingkungan di Arizona State University’s Biodesign Institute, Amerika Serikat, mencuci botol minum plastik menggunakan air panas untuk menghilangkan bau tidak sedap adalah anggapan keliru.

Sebab, jika kualitas plastiknya kurang baik, suhu tinggi dapat mempengaruhi plastik dan menghasilkan senyawa berbahaya, seperti BPA yang dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Untungnya, menghilangkan bau tak sedap dari botol minum plastik dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Dikutip dari Euro Plas, Selasa, (16/4/2024), berikut lima bahan alami yang ampuh menghilangkan bau dari botol minum plastik

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Botol Kaca Pakai Bahan-bahan di Dapur

Ampas kopi atau teh

Bubuk dan ampas kopi dapat digunakan untuk mengusir tikus.UNSPLASH/ANDREA TUMMONS Bubuk dan ampas kopi dapat digunakan untuk mengusir tikus.
Ampas kopi atau teh mengandung nitrogen yang bisa menghilangkan bau dari gas belerang yang sering terdapat di produk plastik dengan efektfi. 

Caranya, masukkan ampas teh atau kopi ke dalam botol minum plastik. Untuk menghindari kontak langsung antara ampas kopi dan dinding botol minum plastik, tenempatkan ampas di dalam kantong penyaring.

Setelah itu, tambahkan air ke dalam botol minum plastik, lalu terendam selama tiga sampai empat jam.

Kemudian, bilas botol dengan menggunakan cairan pencuci piring organik selama dua sampai tiga menit untuk menghilangkan sisa ampas kopi atau teh. 

Baca juga: Kenapa Botol Minum Plastik Bau Amis? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cuka dan lemon

Selanjutnya, bahan alami yang ampuh menghilangkan bau dari botol minum plastik adaalaah cuka dan lemon . 

Kedua bahan tersebut memiliki tingkat keasaman  tinggi dan sering digunakan dalam proses pembersihan serta desinfeksi makanan.

Untuk membersihkan botol minum plastik, cukup menggunakan cuka atau lemon. Bisa pula menggabungkan cuka dan lemon dengan air hangat, lalu menuangkannya ke dalam botol hingga sekitar dua pertiga bagian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com