Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau dari Botol Minum Plastik

Botol minum plastik tersedia dalam berbagai ukuran dan aman dibawa ke mana-mana tanpa harus takut terjatuh dan pecah. 

Namun, penggunaan yang intensif dan rutin dapat menyebabkan botol minum plastik mengembangkan bau tidak sedap.

Banyak orang masih percaya bahwa mencuci botol minum plastik dengan air mendidih atau air hangat adalah cara terbaik menghilangkan bau tak sedap serta membersihkannya dari kuman juga bakteri. 

Namun, menurut Rolf Halden, Direktur Pusat Teknik Kesehatan Lingkungan di Arizona State University’s Biodesign Institute, Amerika Serikat, mencuci botol minum plastik menggunakan air panas untuk menghilangkan bau tidak sedap adalah anggapan keliru.

Sebab, jika kualitas plastiknya kurang baik, suhu tinggi dapat mempengaruhi plastik dan menghasilkan senyawa berbahaya, seperti BPA yang dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Untungnya, menghilangkan bau tak sedap dari botol minum plastik dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Dikutip dari Euro Plas, Selasa, (16/4/2024), berikut lima bahan alami yang ampuh menghilangkan bau dari botol minum plastik. 

Caranya, masukkan ampas teh atau kopi ke dalam botol minum plastik. Untuk menghindari kontak langsung antara ampas kopi dan dinding botol minum plastik, tenempatkan ampas di dalam kantong penyaring.

Setelah itu, tambahkan air ke dalam botol minum plastik, lalu terendam selama tiga sampai empat jam.

Kemudian, bilas botol dengan menggunakan cairan pencuci piring organik selama dua sampai tiga menit untuk menghilangkan sisa ampas kopi atau teh. 

Cuka dan lemon

Selanjutnya, bahan alami yang ampuh menghilangkan bau dari botol minum plastik adaalaah cuka dan lemon . 

Kedua bahan tersebut memiliki tingkat keasaman  tinggi dan sering digunakan dalam proses pembersihan serta desinfeksi makanan.

Untuk membersihkan botol minum plastik, cukup menggunakan cuka atau lemon. Bisa pula menggabungkan cuka dan lemon dengan air hangat, lalu menuangkannya ke dalam botol hingga sekitar dua pertiga bagian.

Selanjutnya, diamkan campuran tersebut selama 30 menit hingga satu jam agar meresap serta membersihkan dengan baik.

Setelah proses perendaman, bilas botol minum plastik dengan air bersih untuk menghilangkan residu cuka atau lemon dan bau. 

Sabun cuci piring organik

Sabun cuci piring organik berbeda dari cairan pencuci piring konvensional yang tersedia di pasaran. Sabun cuci piring organik terbuat dari bahan-bahan organik, seperti bubuk arang bambu, serai, lemon, atau jahe.

Sabun cuci piring organik memiliki sifat asam yang berguna membersihkan, menghilangkan bau, juga mendisinfeksi permukaan.

Caranya, tuangkan air hangat ke dalam botol minum plastik, isi sekitar dua pertiga kapasitas botol, kemudian tambahkan cairan pencuci piring organik ke dalam botol minum plastik.

Selanjutnya, kocok botol dengan keras hingga busa dari cairan pencuci piring menutupi semua bagian dalam botol.

Terakhir, cuci botol plastik dengan air bersih sebanyak dua sampai tiga kali untuk memastikan tidak ada lagi residu cairan pencuci piring, baik di permukaan dalam maupun luar botol. 

Koran bekas

Koran bekas ternyata  juga menjadi bahan alami yang ampuh menghilangkan bau dari botol minum plastik. 

Koran memiliki komposisi koran memiliki sekitar 65 persen serat kayu, yang merupakan alasan utama efektivitasnya sebagai antibakteri dan pewangi.

Untuk menghilangkan bau dari botol minum plastik, gunakan lima sampai tujuh lembar koran bekas dan gulung, kemudian masukkan gulungan koran ke dalam botol plastik.

Penting diingat, Anda tidak boleh merendam koran di dalam air karena dapat merusaknya serta menghasilkan zat beracun yang berisiko bagi kesehatan. 

Baik kulit jeruk maupun lemon mengandung minyak esensial dan asam ringan yang efektif mengurangi bau tak sedap.

Untuk memanfaatkannya, masukkan kulit jeruk atau lemon ke botol minum plastik yang telah terisi air hangat, kemudian rendam selama 30-45 menit.

Setelah itu, cuci botol minum plastik dengan sabun organik sebanyak dua sampai tiga kali dan botol siap untuk digunakan kembali. 

Selain itu, kulit jeruk atau lemon dapat diletakkan di sudut-sudut dapur, lemari, atau kulkas, untuk mengurangi aroma makanan mentah. 

Cara merawat botol minum plastik agar bebas bau

Setelah menghilangkan bau dari botol minum plastik, sebaiknya tempatkan botol di area  kering dan terlindung dari sinar matahari langsung untuk mencegah kerusakan plastik dan potensi terbentuknya zat berbahaya.

Siklus pembersihan standar untuk botol air plastik biasanya dilakukan sekitar dua sampai tiga kali per minggu. 

Sedangkan botol minum plastik yang digunakan untuk minuman yang memiliki aroma kuat, seperti susu segar, jus buah, atau minuman panas, penting memperhatikan waktu penyimpanannya dalam botol plastik agar terhindar dari bau tak sedap. 

Sebaiknya, simpan minuman tersebut maksimal hanya satu sampai dua hari dan segera membersihkan botol sesuai langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hal terpenting adalah membersihkan botol air plastik secara rutin. Hindari kontak botol plastik dengan benda-benda tajam, seperti pisau dan gunting, karena dapat merusak permukaan botol serta berpotensi mempengaruhi kualitas air di dalamnya.

Plastik memiliki kemampuan menyerap bau yang tinggi, sehingga jika tidak dibersihkan secara menyeluruh, botol plastik dapat menghasilkan plak yang sulit dihilangkan. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan penggunanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/16/155824876/5-bahan-alami-yang-ampuh-menghilangkan-bau-dari-botol-minum-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke