Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bekas Label Kemasan pada Stoples dan Botol Kaca

Kompas.com - 26/01/2023, 12:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Stoples atau botol bekas mayones, produk saus, dan selai roti tawar, lainnya kerap menjadi sampah bila sudah habis atau selesai digunakan. 

Padahal, sebenarnya stoples bekas ini masih bisa dimanfaatkan untuk menjadi wadah penyimpanan aneka bumbu dapur seperti garam, gula, merica, lada, dan sebagainya. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghilangkan Bau pada Stoples Kaca

Akan tetapi, label kemasan yang tertera pada stoples dan botol kaca dapat mengurangi tampilannya, bahkan membuat lebih buruk.

Untungnya, dilansir dari The Kitchn, Kamis (27/1/2023), ada beberapa cara tepat dan mudah untuk menghilangkan label kemasan atau bekas residu dari stoples atau botol kaca. 

Salah satu caranya, menggunakan bahan-bahan alami seperti air, baking soda, dan sabun cuci piring. 

Untuk membersihkannya, siapkan panci berisi air, lalu masukkan baking soda dan sabun cuci piring, dan didihkan air di atas kompor. 

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Stoples Kaca untuk Merapikan Dapur

Ilustrasi wadah makanan, Ilustrasi wadah kaca. Shutterstock/Angelina Zinovieva Ilustrasi wadah makanan, Ilustrasi wadah kaca.
Setelah mendidih, masukkan stoples dengan hati-hati ke panci dan biarkan stoples mendidih sampai labelnya terkelupas dengan sendirinya. 

Bisa pula Anda menggosok label menggunakan penjepit dengan hati-hati guna mendorong label terlepas.

Apabila label sudah terlepas, matikan kompor, dan keluarkan stoples atau botol menggunakan penjepit. Biarkan stople mendingin sendiri, lalu seka dengan kain kering untuk mengeringkan stoples. 

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mencuci Stoples Kue Sebelum Digunakan

Jika masih ada bekas label atau residu lengket pada stoples atau botol kaca, gosok bagian tersebut dengan baking soda sampai residu terlepas, dan terakhir cuci stoples dengan sabun cuci piring dan air hangat.

Selanjutnya, gosok dan cuci stoples seperti mencuci piring yang biasa Anda lakukan. Setelah stoples atau botol kaca kembali bersih, stoplessiap digunakan untuk wadah penyimpanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com