Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Sabun Cuci Piring dari Botol Minum Plastik

Kompas.com - 06/11/2022, 09:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBotol minum berguna membantu menekan pengeluaran untuk membeli air kemasan dan menjaga lingkungan hidup. 

Sebab, wadah air yang datang dengan beragam material, termasuk plastik ini, bisa digunakan kembali selama beberapa waktu. 

Baca juga: Botol Minum Plastik, Stainless Steel, dan Kaca, Mana yang Lebih Aman?

Kamu hanya perlu mencucinya secara rutin, lalu menggunakannya untuk menampung air minum. Namun, terkadang botol minum plastik meninggalkan bau dan rasa dari sabun cuci piring yang digunakan. Lantas, bisakah menghilangkan bau dan ras tersebut?

Dilansir dari How To Clean Stuff, Minggu (6/11/2022), botol minum plastik memiliki material berpori sehingga dapat menyerap aroma sabun cuci piring. 

Namun, secara perlahan, bau tersebut dapat hilang setelah botol air minum digunakan kembali atau diisi air. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau pada Botol Minum Plastik Baru

Langkah pertama menghilangkan bau dan rasa sabun cuci piring dari botol minum plastik adalah menetralkannya dan membilasnya dengan cepat.

Setelah beberapa hari, hindari membiarkan sabun atau produk pembersih apa pun berada di dalam botol minum untuk waktu lama.

Mencuci botol air minum plastik dengan cepat, membilasnya dengan benar, dan membiarkannya benar-benar mengering setiap setelah digunakan dapat menjaga botol tetap bersih, bebas jamur, serta bebas bau dan rasa sabun cuci piring. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Botol Termos yang Kotor dan Bau

Cara menghilangkan bau sabun cuci piring dari botol minum plastik

Ilustrasi botol minum plastik. PEXELS/MARINA ABROSIMOVA Ilustrasi botol minum plastik.

Cara lainya, menghilangkan bau dan rasa sabun cuci piring dari botol minum plastik adalah menggunakan pemutih dan air panas. 

Mulailah mencuci botol minum plastik seperti biasa, lalu keringkan secara manual alih-alih membiarkannya mengering sendiri.  

Selanjutnya, masukkan sedikit pemutih dan tuangkan air panas ke dalam botol minum plastik. lalu kocok selama 15 detik, buang larutan pemutih, dan bilas hingga benar-benar bersih.

Baca juga: Trik Membersihkan Botol Minum Plastik agar Terlihat Seperti Baru

Biarkan botol minum mengering dengan sendirinya dan pastikan botol dalam posisi terbalik. Untuk pembersihan harian, cukup cuci botol seperti biasa, tetapi langsung dikeringkan.

Apabila bau dan rasa sabun cuci piring masih menempel pada botol minum plastik, cobalah metode yang sama, tetapi menggunakan air perasan lemon atau cuka. 

Sementara itu, untuk menghilangkan bau dan rasa pemutih, atasi dengan merendam botol air minum dalam air perasan lemon, cuka putih, atau susu selama satu menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com