Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Posisi Tempat Tidur yang Tepat, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 03/04/2024, 16:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi tempat tidur ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur di malam hari. Penempatan tempat tidur yang tepat akan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. 

Tak hanya itu, penataan tempat tidur dengan benar juga membuat kamar tidur lebih fungsional. Selain memperhatikan kenyamanan, penataan tempat tidur juga harus mempengaruhi ukuran ruangan dan tempat tidur. 

Pertimbangkan juga estetika ruangan agar kamar tetap cantik dan menarik. Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (3/4/2024), berikut posisi tempat tidur yang tepat. 

Baca juga: Posisi Tempat Tidur yang Baik Menurut Feng Shui

Menghadap ke pintu namun tidak sejajar dengan pintu

Ilustrasi tempat tidur nyamanFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tempat tidur nyaman

Saat merencanakan desain ulang kamar tidur, penting untuk memikirkan posisi tempat tidur yang tepat. Menurut feng shui, posisi tempat tidur yang tepat yaitu menghadap ke pintu, namun tidak sejajar dengan pintu. 

Posisi ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Akan tetapi, jika tempat tidur tidak bisa ditempatkan menghadap ke pintu, maka alternatif solusinya dengan meletakkan cermin agar tetap bisa melihat pintu dari tempat tidur. 

Di dekat dinding

Selanjutnya, posisi tempat tidur lainnya yaitu di dekat dinding. Dalam feng shui, kepala tempat tidur mewakili stabilitas, dukungan, dan keamanan hidup. 

Baca juga: 7 Aturan Posisi Tempat Tidur Menurut Feng Shui agar Bawa Hoki

Untuk menerapkan teori ini, maka kamar mandi bisa ditempatkan di dinding. Sebab, dinding yang kokoh akan memberikan stabilitas untuk menghadapi kehidupan. 

Selain memiliki manfaat, menempatkan tempat tidur di dekat dinding juga membuat kamar tidur terlihat lebih estetik. 

Kit Kemp, desainer interior dan pendiri Firmdale Hotels, mengatakan tempat tidur yang ditempatkan di dekat dinding akan menjadi titik fokus, menambahkan warna, pola, dan tekstur, serta bisa meningkatkan proporsi visual di ruangan tersebut. 

Menempatkan tempat tidur di dekat dinding juga membuat kamar tidur terasa lebih lapang karena ada banyak area yang kosong. 

Baca juga: 5 Ide Posisi Tempat Tidur untuk Ciptakan Tidur Nyenyak

Menempatkan tempat tidur kembar di ujung dinding yang berlawanan

Ilustrasi tempat tidur kembar atau twin bed.Shutterstock/BAF Photography Ilustrasi tempat tidur kembar atau twin bed.

Jika memiliki tempat tidur kembar, maka sebaiknya letakkan tempat tidur kembar di ujung dinding yang berlawanan. Posisi ini akan menciptakan efek lebar yang memaksimalkan proporsi ruangan. 

Diantara dua tempat tidur tersebut, letakkan meja samping tempat tidur yang berguna sebagai tempat penyimpanan. 

Untuk membuat kamar tidur lebih bersemangat, tambahkan warna aksen di dinding belakang tempat tidur. Selain membuat kamar lebih menyenangkan, warna aksen juga membuat kamar tidur lebih nyaman. 

Baca juga: 5 Cara Menata Dua Tempat Tidur Kembar di Kamar Kecil

Tempatkan di bawah jendela

Terakhir, posisi tempat tidur yang tepat yaitu di bawah jendela. Philippa Thorp, direktur Thorp, mengatakan bahwa pemandangan sangat penting untuk membuat suasana hati lebih bahagia. 

Maka dari itu, sebaiknya posisikan tempat tidur di bawah jendela agar bisa melihat pemandangan dari luar jendela dari tempat tidur. 

Akan tetapi, penataan seperti ini hanya disarankan jika memiliki jendela besar atau kamar tidur yang luas. Selain itu, pastikan juga tempat tidur tidak mengganggu cahaya alami yang masuk ke dalam kamar. 

Alternatif lainnya yaitu menempatkan tempat tidur menghadap jendela, jadi tidak langsung berada di bawah jendela. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com