Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merombak Ruang Bawah Tanah Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Kompas.com - 13/02/2024, 16:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bawah tanah biasanya digunakan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang bekas. Berbeda dengan ruangan lain, ruang bawah tanah cenderung tidak dirawat dengan baik.

Akibatnya, ruang bawah tanah menjadi lembap, kotor, dan bau. Padahal, jika ruang bawah tanah dirawat dengan benar, maka ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti ruang keluarga atau bahkan kamar tidur tambahan.

Baca juga: 8 Ide Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman di Ruang Bawah Tanah

Menata ulang ruang bawah tanah ternyata tidak sulit dan relatif murah apabila dilakukan dengan cermat. Dilansir dari The Spruce, Selasa (13/2/2024), berikut cara merombak ruang bawah tanah dengan biaya minim.

Cat ulang dinding ruangan

Ilustrasi mengecat dinding rumah. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi mengecat dinding rumah.

Mengecat ulang dinding ruang bawah tanah merupakan cara termudah untuk membuat ruangan ini terlihat lebih segar.

Tak hanya area dinding, Nadia Watts, pendiri Desain Interior Nadia Watts bahkan menyarankan untuk mengecat seluruh bagian ruang bawah tanah, termasuk lantai dan langit-langit ruangan.

Baca juga: Cara Mengecat Dinding Rumah dengan Mudah

Mengecat seluruh bagian ruang bawah tanah akan memberikan tampilan yang kohesif dan membuat ruangan terlihat lebih menarik. Watts merekomendasikan untuk menggunakan warna yang berani.

Menurutnya, ruang bawah tanah merupakan tempat yang ideal untuk bereksperimen dengan warna. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan warna yang mencolok dan berani.

Tambahkan gorden

Jika ruang bawah tanah memiliki jendela, maka jangan biarkan jendela terbuka begitu saja. Sebaiknya, hias jendela dengan tirai atau gorden.

Pilihlah gorden gantung yang akan membuat ruang bawah tanah terlihat lebih tinggi sekaligus bisa membuat jendela lebih besar. Selain memperindah ruangan, gorden juga bisa menjaga privasi di dalam ruangan tersebut.

Baca juga: Simak, Cara Menggantung Gorden dengan Mudah

Pasang cermin

Cara merombak ruang bawah tanah selanjutnya yaitu pasang cermin di dinding ruang bawah tanah. Watts mengatakan cermin bisa memberikan efek ruangan lebih besar.

Cermin juga bisa memantulkan cahaya dan menyebarkannya ke seluruh ruangan, sehingga ruang bawah tanah akan terasa lebih terang.

Selain itu, cermin juga bisa membuat ruangan terlihat lebih estetik. Terlebih jika cermin yang dipilih memiliki bentuk unik dan menarik.

Ganti lampu

Jika lampu di ruang bawah tanah terlihat kusam, maka sebaiknya segera ganti lampu tersebut dengan lampu yang lebih terang.

Watts menyarankan untuk memasang sconce dan menggunakan lampu meja di ruang bawah tanah. Jangan hanya menggunakan lampu di langit-langit ruangan karena cahayanya tidak cukup untuk menerangi ruangan tersebut.

Baca juga: 4 Tren Lampu yang Bakal Populer 2024

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com