Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Rak Gudang, Bikin Ruangan Lebih Rapi dan Terorganisir

Kompas.com - 13/02/2024, 12:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Gudang adalah ruangan yang dibuat khusus untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan.

Meski digunakan sebagai ruangan penyimpanan, gudang tetap perlu ditata dengan rapi agar tidak menjadi tempat persembunyian hama gudang seperti tikus dan kecoak.

Salah satu cara membuat gudang lebih rapi yaitu dengan menempatkan rak sebagai tempat penyimpanan. Dilansir dari The Spruce, Selasa (13/2/2024), berikut ini beberapa ide rak gudang yang membuat gudang lebih rapi dan terorganisir.

Baca juga: 3 Ide Rak Sepatu untuk Diletakkan di Pintu Masuk Rumah

Rak kayu

ilustrasi rak kayu di gudangShutterstock/BY-_-BY ilustrasi rak kayu di gudang

Rak kayu bisa menjadi tempat penyimpanan di gudang. Rak bisa dipasang setinggi dinding gudang untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

Selain itu, rak setinggi dinding juga bisa membuat area lantai lebih rapi dan mencegah kerusakan pada barang-barang yang disimpan di gudang tersebut.

Rak logam yang dipasang di dinding

Ide rak gudang lainnya yaitu rak logam yang dipasang di dinding. Rak ini fleksibel sehingga bisa dipindahkan sesuai kebutuhan.

Rak logam cukup kokoh dan tahan karat karena biasanya terbuat dari material stainless steel. Rak logam bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang namun pastikan tetap tata dengan rapi agar gudang lebih nyaman.

Baca juga: 6 Ide Rak Bumbu agar Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Rak logam beroda

Selain dipasang di dinding, rak logam beroda juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang di gudang. Rak beroda cukup praktis karena bisa dengan mudah dipindahkan.

Rak logam beroda biasanya dibuat tinggi, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang tanpa membuat lantai terlihat berantakan.

Rak di atas jendela

Jika gudang memiliki jendela, maka area di atas jendela bisa diletakkan rak kayu yang dapat digunakan untuk menyimpan barang.

Meski berukuran kecil, rak ini dapat membuat gudang lebih rapi dan terorganisir. Rak di atas jendela juga membuat gudang terlihat unik dan estetik, apalagi jika rak dicat dengan warna yang sama seperti dinding gudang.

Baca juga: 5 Ide Desain Rak Buku yang Estetik

Perpaduan rak terbuka dan tertutup

Perpaduan rak terbuka dan tertutup juga bisa menjadi rak gudang untuk menyimpan beberapa barang. Rak terbuka membuat barang-barang mudah diakses.

Sedangkan rak tertutup bisa menyembunyikan barang-barang berukuran besar dan menjaga kebersihan barang yang disimpan.

Rak mengambang

ilustrasi rak mengapung di gudangShutterstock/rifky naufaldy ilustrasi rak mengapung di gudang

Rak mengapung tidak memakan ruang di gudang, sehingga cocok digunakan untuk gudang sempit. Selain itu, rak mengambang juga bisa dibuat dengan mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Rak mengambang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang. Tak hanya itu, rak ini juga bisa dipadukan dengan meja kerja, sehingga lebih fungsional.

Baca juga: 5 Ide Meletakkan Rak Terbuka di Berbagai Ruangan

Rak logam dekoratif

Terakhir, ide rak gudang yaitu rak logam dekoratif. Rak logam ini bisa digunakan untuk menyimpan dan memajang pot tanaman, sangkar burung, dan barang-barang luar ruangan lain.

Rak logam dekoratif relatif murah dan cukup sederhana. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah sehingga cocok diletakkan di gudang yang minim perawatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com