Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2024, 10:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah memasuki tahun baru 2024, Anda mungkin masih saja merasa terhambat oleh kekacauan pada tahun lalu.

Mulai dari, laci meja rias yang penuh dan berantakan, pintu masuk dengan gundukan sepatu, hingga tempat penyimpanan yang berantakan. 

Baca juga: 5 Tren Penyimpanan Rumah yang Bakal Populer pada 2024

Rumah mana pun mudah dipenuhi kekacauan. Namun, pada 2024 ini, bisa menjadi tahun Anda untuk berorganisasi atau merapikan barang demi kebaikan.

Dengan beberapa kebiasaan pengorganisasian yang mudah diterapkan, dapat memperoleh rumah yang lebih bersih dan bebas kekacauan. 

Dua pakar pengorganisasian membagikan cara mengatur barang yang bakal populer pada 2024 dilansir dari The Spruce, Selasa (30/1/2024). 

Terapkan aturan “satu masuk, satu keluar”

Ilustrasi merapikan barang.Shutterstock/brizmaker Ilustrasi merapikan barang.
Untuk setiap barang baru yang masuk ke rumah Anda, baik meja kopi, pembuka kaleng, maupun surat, ada yang harus dibuang.

Preseden ini mempertahankan jumlah barang yang Anda miliki dan mengubah pola pikir dari “membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan” menjadi “membutuhkan lebih sedikit barang.” 

Holli Humber, penyelenggara profesional sekaligus pendiri Holli K Co, mengarakan mejual barang yang sudah tidak Anda sukai lagi. 

Baca juga: 5 Ide Ruang Penyimpanan Pakaian di Kamar Tidur Kecil, Bikin Efesien

Berikan label 

Selanjutnya, cara mengatur barang yang bakal populer pada 2024 adalah memberikan label pada setiap barang.

Pisahkan pembuat label Anda, menambahkan label sederhana dapat berdampak besar pada organisasi ruma karena hal ini membuat semua anggota rumah tangga bertanggung jawab mengembalikan barang ke tempatnya.

“Kebanyakan kekacauan dimulai ketika sesuatu tidak memiliki tempat untuk kembali,” kata Humber.

Label adalah kunci kesuksesan untuk mencegah kekacauan tersebut. 

Humber merekomendasikan memulai kebiasaan memberi label pada barang-barang di dapur, tas penyimpanan, laci meja rias, dan perlengkapan mandi. 

Baca juga: 6 Ide Ruang Penyimpanan Tersembunyi Agar Rumah Tetap Rapi

Tanyakan pada diri Anda: Bisakah saya menyelesaikan tugas Ini dalam lima menit? 

Ilustrasi merapikan rumah, merapikan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/MAXIMILIAN100 Ilustrasi merapikan rumah, merapikan barang di rumah.
Menjelang tahun baru, terapkan moto organisasi baru ini, "jika suatu tugas membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk diselesaikan, segera lakukan."

“Baik itu menggantung mantel, mencuci piring, maupun mengarsipkan dokumen, segera selesaikan tugas-tugas kecil ini,” kata Kirsten Anderson dari Tidy Bird Interiors—penyelenggara profesional dan konsultan KonMari bersertifikat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com