Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menerapkan Feng Shui Baik di Ruang Tamu

Kompas.com - 29/01/2024, 20:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruangan yang seimbang dan bernergi positif tentu saja sangat membahagiakan. Keseimbangan dan energi positif bisa dihadirkan dengan mudah, salah satu caranya dengan menerapkan feng shui.

Feng shui bisa diterapkan di berbagai sudut rumah, termasuk ruang tamu. Sebagai ruangan yang sering digunakan untuk berkumpul dan bersantai, ruang tamu perlu dibuat senyaman mungkin.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menerapkan Feng Shui di Ruang Tamu

Penerapan feng shui di ruang tamu tak hanya bisa mendatangkan energi positif, namun juga membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Dilansir dari The Spruce, Senin (29/1/2024), berikut cara menerapkan feng shui baik di ruang tamu dengan mudah.

Bersihkan ruangan dengan rutin

Ilustrasi ruang tamu bersih dan rapiShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang tamu bersih dan rapi

Membersihkan ruang tamu dengan rutin menjadi hal baik yang perlu dilakukan. Selain membuat ruang tamu lebih bersih dan rapi, kegiatan ini juga bisa menciptakan feng shui yang baik.

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk menyebarkan minyak esensial agar ruangan terasa semakin nyaman dan membahagiakan.

Baca juga: 6 Benda Feng Shui yang Dapat Membersihkan Rumah

Buka jendela

Cara menerapkan feng shui baik di ruang tamu selanjutnya yaitu dengan membuka jendela setiap hari. Buka jendela minimal sembilan menit setiap hari.

Waktu sembilan menit dipilih karena angka sembilan dianggap sebagai angka keberuntungan dalam feng shui.

Selain membawa keberuntungan, membuka jendela juga bisa mengeluarkan energi lama dan memberikan ruang bagi energi baru. Tak hanya itu, membuka jendela juga membuat ruangan terasa lebih segar.

Selama jendela dibuka, sempatkan juga untuk membersihkan jendela tersebut menggunakan bahan pembersih yang aman.

Baca juga: Langkah Terbaik Membersihkan Kaca Jendela di Rumah

Merapikan barang di ruang tamu

Banyak diantara kita yang tidak memiliki waktu untuk merapikan ruang tamu. Padahal, kebiasaan buruk ini bisa membawa energi negatif di dalam rumah.

Sempatkanlah untuk membersihkan dan merapikan ruang tamu setiap hari. Selain membuat rumah lebih teratur, ruang tamu yang rapi juga bisa membawa kebahagiaan dan menghilangkan stres.

Manfaatkan bagua dengan baik

ruang tamu farmhouseShutterstock/jafara ruang tamu farmhouse

Hamparkan peta energi feng shui bagua di rumah untuk melihat mana dari sembilan area yang sesuai dengan lokasi ruang tamu. Lalu, gunakan kualitas area tersebut untuk meningkatkan feng shui di ruang tamu.

Cara termudah yang bisa dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan warna di area tersebut. Contohnya, jika ruang tamu berada di area orang senang menolong, maka gunakanlah warna abu-abu untuk mengundang lebih banyak orang dermawan ke dalam hidup.

Baca juga: 5 Tips Menata Tanaman Hias di Ruang Tamu

Letakkan tanaman hias

Terakhir, cara menerapkan feng shui baik di ruang tamu yaitu dengan meletakkan tanaman hijau di dalam ruangan tersebut. Tanaman hijau bisa membawa energi kehidupan ke dalam rumah.

Tak hanya itu, tanaman hias juga bisa membuat ruangan terasa lebih asri dan nyaman. Namun, pastikan untuk menyediakan cahaya dan air yang cukup agar tanaman tetap tumbuh dengan sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com