Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2024, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Decorilla


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang kerja yang nyaman merupakan impian banyak orang. Ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan produktivitas dan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Salah satu cara membuat ruang kerja nyaman yaitu dengan mendekorasi ruangan tersebut. Sama seperti ruangan lain, dekorasi ruang kerja juga terus mengalami perubahan mengikuti tren terkini.

Baca juga: 7 Tren Ruang Kerja di Rumah yang Sudah Kuno Menurut Desainer

Dikutip dari Decorilla, Rabu (24/1/2024), tren ruang kerja 2024 menawarkan perpaduan harmonis antara gaya dan produktivitas. Ruang kerja dibuat nyaman dan kondusif untuk menyelesaikan pekerjaan dan menggali kreativitas.

Jika ingin mendesain ruang kerja sesuai dengan tren terkini, berikut beberapa tren ruang kerja 2024 yang bisa menjadi inspirasi.

Menghadirkan unsur alam

Ilustrasi ruang kerja penuh tanaman hiasShutterstock/New Africa Ilustrasi ruang kerja penuh tanaman hias

Ruang kerja saat ini banyak menghadirkan unsur alam seperti menggunakan perlengkapan kayu atau meletakkan tanaman hias.

Unsur alam dapat menciptakan lingkungan tenang yang bisa meningkatkan fokus saat bekerja. Selain itu, unsur alam juga bisa menumbuhkan mental positif yang dapat meningkatkan produktivitas.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Meredakan Stres di Rumah dan Ruang Kerja

Menggunakan furnitur fleksibel

Tren ruang kerja 2024 yaitu menggunakan furnitur fleksibel. Contoh furnitur fleksibel yaitu menggunakan meja modular, kursi yang ketinggiannya bisa disesuaikan, dan unit penyimpanan yang dapat dilipat.

Tren ini fokus pada perpaduan desain modern untuk menciptakan suasana yang harmonis dan tetap nyaman.

Mengutamakan desain ramah lingkungan

Desain ramah lingkungan mengutamakan penggunaan bahan-bahan daur ulang dan berinvestasi pada peralatan hemat energi seperti lampu LED.

Pendekatan ramah lingkungan menekan tanggung jawab lingkungan dan praktis berkelanjutan dalam desain ruang kerja di rumah.

Baca juga: 6 Jenis Dekorasi Dinding Ruang Kerja, Apa Saja?

Meningkatkan cahaya alami

Ilustrasi jendela besar di ruang kerjaShutterstock/New Africa Ilustrasi jendela besar di ruang kerja

Cahaya alami bisa membuat ruang kerja lebih nyaman dan hangat. Maka dari itu, penting untuk menghadirkan cahaya alami di dalam ruangan tersebut.

Cara termudah untuk menghadirkan cahaya alami di dalam ruang kerja yaitu dengan membuat jendela lebar.

Jendela tak hanya membuat cahaya masuk ke dalam ruangan, namun juga membuat sirkulasi udara di dalam ruangan lebih lancar.

Baca juga: Bikin Produktif, Ini 7 Cara Mendekorasi Ruang Kerja yang Nyaman

Gunakan tempat penyimpanan yang ramping

Memperbanyak tempat penyimpanan akan membuat ruang kerja terlihat lebih rapi dan terorganisir. Namun, pemilihan tempat penyimpanan harus dilakukan dengan benar.

Sebaiknya, pilih tempat penyimpanan yang ramping agar ruang kerja tetap terasa nyaman dan luas. Salah satu cara membuat ruang penyimpanan lebih ramping yaitu dengan memasang banyak rak atau lemari tertutup di dinding.

Nah, itulah beberapa tren ruang kerja 2024 yang bisa diikuti. Selain cantik, ruang kerja yang didesain dengan rapi juga bisa meningkatkan produktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com