Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2024, 20:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengorganisasian rumah bukan tren yang hanya bertahan sementara. Faktanya, peningkatan minat selama bertahun-tahun membuktikan bahwa tren pengorganisasian rumah akan terus berlanjut untuk alasan yang baik.

Apalagi, setelah penelitian menunjukkan bahwa rumah dan barang-barang yang terorganisir dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

Baca juga: 7 Tren Warna yang Akan Mendominasi pada 2024 Menurut Pakar

Selain itu, mengurangi kekacauan secara statistik terbukti dapat menghemat uang.

Meski pengorganisasian rumah itu sendiri merupakan kebutuhan yang konstan, cara Anda mengatur barang-barang cenderung berubah secepat tren dekorasi rumah.

Produk baru hadir di pasaran setiap hari dan orang-orang terus mengevaluasi ulang rumah mereka untuk memastikan tampilan serta fungsinya mencerminkan gaya dan kebutuhan mereka.

Untuk menjaga ruang tetap terorganisir sebaik mungkin pada tahun baru, para penyelenggara profesional berbagi tren penyimpanan rumah yang bakal populer pada 2024 dilansir Better Homes and Gardens, Kamis (25/1/2024).  

Baca juga: 5 Tren Desain Ruang Keluarga yang Akan Populer pada 2024

Menampilkan barang-barang sentimental

Ilustrasi merapikan rumah, merapikan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/MAXIMILIAN100 Ilustrasi merapikan rumah, merapikan barang di rumah.
Barang-barang sentimentalitas, terlebih yang terkait dengan hal-hal material, terkadang kurang mendapat tempat istimewa di rumah dan ruang penyimpanan. 

Namun, seiring bertambahnya usia dan menjauh dari atau kehilangan orang yang kita cintai, keinginan menyimpan barang-barang sentimental menjadi lebih besar. 

Namun, jangan hanya membuang barang-barang ini ke dalam kotak dan menyembunyikannya di ruang bawah tanah .

Ryen Toft, pemilik Simply Luxe Organizing dan duta merek iDesign—perusahaan produk penyimpanan yang terkenal dengan koleksi kolaborasinya dengan The Home Edit)—memprediksi memamerkan kenang-kenangan dengan cara "ramah desain" adalah sesuatu yang akan dilakukan lebih banyak orang dalam beberapa bulan ke depan.

"Saya pikir orang-orang akan menjadi kreatif dengan menonjolkan barang-barang ini daripada menyimpannya di loteng, garasi, atau ruang penyimpanan yang berdebu," kata Toft.

Toft mengakui sulit melihat cinderamata, pusaka keluarga, dan kenangan masa kecil kliennya yang tersimpan, sementara dekorasi yang tidak memiliki nilai sentimental justru menjadi pusat perhatian.

"Inilah saatnya fokus menampilkan hal-hal yang membuat kita merasa terhubung, memberikan poin pembicaraan saat menjamu, dan membuat kita merasa rumah memiliki makna lebih besar," ucapnya. 

Baca juga: 6 Tren Lantai yang Bakal Banyak Digunakan di Rumah pada 2024

Perombakan garasi

Ilustrasi garasi mobil.Shutterstock/urfin Ilustrasi garasi mobil.
Selanjutnya, tren penyimpanan rumah yang bakal populer pada 2024 adalah perombakan garasi. Meski barang-barang sentimental tidak boleh disimpan di garasi, banyak orang  menyimpannya bersama dengan banyak barang lainnya.

Rachel Whiteaker, pemilik The Simple Life dan duta merek The Container Store saat ini, mengatakan telah melihat peningkatan besar dalam proyek-proyek penataan garasi akhir-akhir ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com