Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menanam Stroberi di Dalam Rumah Agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 28/01/2024, 20:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Stroberi merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya enak dan kaya nutrisi. Tanaman ini memerlukan iklim sejuk agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Selain menanam di lahan terbuka, stroberi ternyata bisa ditanam di dalam ruangan. Stroberi memiliki tajuk yang tidak besar, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang.

Baca juga: Bisa, Begini Cara Menanam Stroberi di Daerah Panas

Tak hanya itu, stroberi juga tidak beracun bagi kucing maupun anjing, sehingga aman diletakkan di dalam rumah yang terdapat hewan peliharaan.

Meski demikian, untuk membuat stroberi tumbuh dengan baik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (28/1/2024), berikut tips menanam stroberi di dalam rumah agar tumbuh subur.

Pilih pot yang luas

Ilustrasi menanam strawberry di pot.SHUTTERSTOCK/AGENTURFOTOGRAFIN Ilustrasi menanam strawberry di pot.

Stroberi memiliki sistem perakaran yang pendek, sehingga tidak membutuhkan pot yang besar. Namun, menyediakan ruang yang cukup akan membuat tanaman stroberi tumbuh dengan baik dan bisa berbuah maksimal.

Selain mempertimbangkan ukuran pot, perhatikan juga sistem drainase pot tersebut. Pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawah agar air penyiraman tidak tergenang.

Baca juga: Cara Menanam Stroberi di Lahan Terbuka agar Hasilnya Melimpah

Pilih varietas yang tepat

Tips menanam stroberi di dalam rumah lainnya yaitu tanam varietas yang tepat. Varietas unggul akan tumbuh dengan baik dan bisa menghasilkan panen yang maksimal.

Selain varietas unggul, pastikan juga bibit atau benih stroberi yang ditanam dalam kondisi sehat dan pertumbuhannya normal.

Gunakan media tanam kaya nutrisi

Selain menggunakan varietas unggul, penggunaan media tanam kaya nutrisi juga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman buah ini.

Gunakan media tanam yang gembur dan subur. Campurkan segenggam kompor untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan tanaman stroberi.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Stroberi Berubah Coklat

Pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup

Tips menanam stroberi di dalam rumah yaitu memastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup. Tanaman stroberi sebaiknya diletakkan di dekat jendela menghadap ke selatan yang mendapatkan pencahayaan 6 sampai 8 jam setiap hari.

Jika pencahayaan kurang, maka dianjurkan untuk meletakkan lampu yang menyala selama 12 hingga 16 jam sehari.

Berikan pupuk slow release

Ilustrasi buah strawberry, stroberi. PEXELS/YLANITE KOPPENS Ilustrasi buah strawberry, stroberi.

Pupuk slow release adalah jenis pupuk yang melepaskan nutrisi secara perlahan. Pemberian pupuk slow release akan membuat tanaman tumbuh dengan subur.

Setelah itu, berikan juga pupuk organik cair. Tingkatkan dosis pupuk setiap dua minggu sekali setelah bunga stroberi muncul.

Baca juga: Simak, Panduan Pemupukan Tanaman Stroberi agar Buahnya Melimpah

Lakukan penyiraman dengan rutin

Sama seperti tanaman lain, stroberi juga membutuhkan air dalam jumlah cukup.

Namun, stroberi yang ditanam di dalam ruangan membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan stroberi yang ditanam di luar ruangan.

Dimanapun tempat tumbuhnya, tanaman stroberi perlu disiram dengan rutin setiap pagi atau sore hari agar tidak kekeringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com