Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Interior Kamar Futuristik yang Unik dan Menarik

Kompas.com - 24/01/2024, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan ruangan serbaguna di dalam rumah. Ruangan ini bisa digunakan untuk istirahat, bekerja, belajar, maupun untuk menyimpan berbagai barang milik pribadi.

Berbeda dengan ruangan lain, kamar tidur biasanya didesain berdasarkan karakteristik penggunanya, sehingga setiap kamar memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga: 6 Ide Kamar Tidur Bergaya Industrial, Unik dan Menarik

Ada banyak konsep interior kamar, salah satunya kamar tidur futuristik. Perlu diketahui bahwa desain futuristik mengutamakan bentuk, warna dan teknologi modern serta inovatif.

Harapannya, desain ini akan muncul dan banyak digunakan di masa depan. Disadur dari Rethinking The Future, Rabu (24/1/2024), berikut ini ide interior kamar futuristik yang bisa menjadi inspirasi.

Interior biofilik

ilustrasi kamar tidur biofilikShutterstock/Archi_Viz ilustrasi kamar tidur biofilik

Biofilik adalah konsep interior yang mengacu pada kecenderungan manusia untuk berinteraksi dengan makhluk hidup lain. Desain ini menciptakan rasa harmoni antara rumah dan lingkungan di luar rumah.

Baca juga: 5 Ide Desain Biofilik untuk Menciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Desain biofilik kini banyak disukai karena bisa membuat ruangan terasa lebih segar dan tenang. Tak hanya itu, desain biofilik juga membuat kita tidak bosan saat berada di dalam kamar.

Salah satu cara membuat interior biofilik di dalam kamar yaitu meletakkan tanaman hijau asli dan palsu di dalam ruangan, taman vertikal, maupun dinding bernuansa alami. Tanaman akan membuat ruangan terasa sangat menyenangkan.

Penggunaan furnitur multifungsi

Ide interior kamar futuristik lainnya yaitu menggunakan furnitur multifungsi. Gunakan furnitur yang bisa diubah atau disesuaikan dengan nyaman untuk berbagai aktivitas.

Misalnya, menggunakan sofa bed yang bisa digunakan sebagai sofa dan tempat tidur. Sofa bed tak hanya multifungsi, namun juga bisa menghemat ruang di dalam kamar.

Baca juga: Furnitur Multifungsi Dapat Digunakan di Rumah Besar, Ini Syaratnya

Interior bertema fiksi ilmiah

Jika menyukai funia fiksi ilmiah, maka konsep fiksi ilmiah bisa diterapkan di dalam kamar futuristik. Kamar bertema fiksi ilmiah biasnaya menggunakan perlengkapan cahaya yang berani dan tidak biasa.

Di setiap ruangan banyak menggunakan lampu terang dan kombinasi proyektor besar yang membuat tampilan kamar terlihat modern.

Tema bawah air

Ide interior kamar futuristik lainnya yaitu tema bawah air yang terkesan alami. Untuk menampilkan kesan bawah air di dalam kamar yaitu menempatkan akuarium besar dengan banyak ikan dan tanaman air didalamnya.

Selain itu, gunakan juga lampu berwarna biru untuk memberikan kesan berada di dalam air.

Baca juga: 7 Tren Warna Kamar Tidur, Bisa Hadirkan Rasa Nyaman

Gunakan jendela besar

kamar tidur dengan jendela besar dan tempat tidur melayangShutterstock/CREATIVE WONDER kamar tidur dengan jendela besar dan tempat tidur melayang

Selain menghadirkan tanaman hias di dalam kamar, untuk membuat kamar terasa alami juga bisa dengan membuat jendela besar yang langsung menghadap ke taman.

Jendela besar membuat lingkungan di luar rumah bisa terlihat dengan jelas dari dalam kamar, sehingga kesan alami tetap terasa.

Gunakan tempat tidur melayang

Terakhir, ide interior kamar futuristik yaitu menggunakan tempat tidur melayang. Model tempat tidur ini bisa membuat kamar terasa unik dan menarik.

Di bawah tempat tidur bisa dipasang lampu agar terlihat lebih terang, hangat, dan nyaman. Gunakan lantai besar dan menarik untuk menambah sifat kontemporer interior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com