Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2023, 10:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Musik ternyata tak hanya bisa dinikmati alunannya, namun bisa juga menjadi inspirasi dekorasi ruangan.

Dekorasi musik bisa dihadirkan di berbagai ruangan, namun biasanya diterapkan di kamar tidur. Kamar tidur bertema musik terlihat menarik dan tak biasa.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Warna Pastel

Selain itu, kamar tidur bertema musik juga terasa personal karena setiap orang menyukai musik yang berbeda-beda.

Dikutip dari Bliss Lights, Rabu (27/12/2023), berikut ide dekorasi kamar tidur bertema musik yang menarik dan estetik.

Hias dinding dengan rekaman vinil

ilustrasi hiasan rekaman vinil di dindingShutterstock/New Africa ilustrasi hiasan rekaman vinil di dinding

Jika menyukai musik klasik, maka salah satu cara mendekorasi kamar tidur bertema musik yaitu dengan meletakkan rekaman vinil sebagai hiasan dinding.

Caranya dengan meletakkan rekaman vinil di tak sepanjang dindin. Hiasan ini akan membuat tampilan ruangan terlihat unik dan menarik.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Kamar Tidur Warna Hijau, Hadirkan Nuansa Teduh

Meletakkan speaker di sudut ruangan

Selain rekaman vinil, speaker musik juga bisa digunakan sebagai ornamen dekorasi kamar. Speaker berukuran besar bisa diletakkan di sudut ruangan, sehingga ruangan tidak terlihat kosong.

Sementara itu, speaker berukuran kecil bisa ditempatkan di atas meja. Selain digunakan sebagai hiasan ruangan, speaker juga bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan musik dan membuat suasana kamar lebih meriah.

Gantung gitar di dinding

Ide dekorasi kamar tidur bertema musik lainnya yaitu menggantung gitar di dinding. Cukup bor dudukan gitar dinding dengan kuat, lalu masukkan gitar dengan hati-hati dengan bagian bawah kepala tepat berada di dudukannya.

Selain digantung, gitar juga bisa diletakkan di lantai. Cara ini membuat dinding tidak perlu dilubangi, sehingga lebih aman.

Tak hanya berfungsi sebagai ornamen dekorasi, gitar juga bisa digunakan sebagai alat musik yang dapat dimainkan saat bosan.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Dinding Kamar Tidur, Bikin Lebih Hidup dan Cantik

Letakkan selimut dan bantal dekoratif

Selimut dan bantal bertema musik juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Bantal dekoratif bisa diletakkan di atas kasur atau di sofa maupun kursi.

Untuk menciptakan suasana yang ceria, pilihlah bantal yang warnanya cerah. Sementara itu, jika ingin memberikan kesan dewasa, letakkan bantal berwarna cokelat maupun merah.

Tempatkan karpet bertema musik

ilustrasi dekorasi kamar bertema musikShutterstock/Ground Picture ilustrasi dekorasi kamar bertema musik

Ruangan bertema musik akan semakin menarik jika dihias dengan karpet besar bertema musik. Karpet ini bisa diletakkan di dekat tempat tidur atau sofa.

Motif karpet bertema musik yang bisa dipilih, seperti; karpet bermotif piano, gitar, atau motif sejenis yang terlihat cantik.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Tidur Putih yang Estetik

Rak bertema musik

Terakhir, ide dekorasi kamar tidur bertema musik yaitu menggunakan rak bertema musik, seperti rak berbentuk piano atau gitar.

Rak ini bisa digunakan untuk meletakkan kaset, buku musik, atau pernak-pernik lainnya yang berkaitan dengan musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com