Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Ubin Keramik untuk Rumah

Kompas.com - 04/01/2024, 08:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin keramik menjadi salah satu jenis lantai yang banyak digunakan pada lantai, meja, dan dinding.

Hal ini karena lantai keramik memiliki daya tahan yang baik, keindahan, dan pilihan desainnya yang tiada habisnya. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Nat Keramik agar Kembali Kinclong

Biasanya, ubin keramik banyak digunakan di dapur dan kamar mandi. Bahan ini tahan terhadap kelembapan, noda, serta tidak menyerap bakteri atau bau.

Tak heran, ubin keramik menjadi pilihan tepat untuk ruangan dengan lalu lintas tinggi. Ubin keramik hadir dalam berbagai warna dan desain untuk tampilan yang ramping serta mewah.

Ukuran ubin keramik berkisar, dari mosaik kecil hingga format besar, dan tersedia dalam berbagai bentuk serta warna. 

Padu padankan warna dan ukuran untuk daya tarik visual, llau ulangi gaya yang sama pada lantai, meja, atau backsplash untuk tampilan yang kohesif.

Saat memilih ubin keramik untuk kamar mandi, pertimbangkan seberapa basah ruangan. Ruangan yang rawan lembap memerlukan ubin keramik yang tahan terhadap air dan aman untuk berdiri dengan kaki tanpa alas.

Ubin keramik yang mengkilap dapat menambah pesona pada dinding dan meja, tapi bisa licin saat digunakan sebagai lantai.

Ini menjadi pilihan terbaik untuk setengah kamar mandi yang tidak memiliki shower atau bathtub mandi. Ubin dengan hasil akhir matte atau bertekstur memberikan daya tarik serta lebih aman untuk kaki basah. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Keramik dan Stainless Steel

Pertimbangan memilih ubin keramik untuk rumah 

Ilustrasi pemasangan ubinShutterstock/DUO Studio Ilustrasi pemasangan ubin
Pelajari semua tentang berbagai jenis ubin dan lempengan yang dapat digunakan pada lantai, dinding, dan meja, termasuk keramik, porselen, semen, dan marmer.

Nah, berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih ubin keramik untuk rumah dilansir dari HGTV, Kamis (4/1/2024). 

  • Tahan lama

Ubin keramik dapat bertahan selama beberapa dekade dan tahan terhadap keausan terberat. Ubin keramik juga dapat menahan lalu lintas air dan pejalan kaki.  

  • Cara membersihkan 

Selanjutnya, memilih ubin keramik adalah cara pembersihan. Ubin keramik mudah dibersihkan. Hindari bahan abrasif, seperti sabut baja dan sabut gosok. untuk membersihkan ubin keramik karena dapat menggores permukaan ubin. 

Baca juga: 6 Ide Warna Kabinet Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-abu

  • Lapisan bawah 

Ubin keramik sebaiknya dipasang pada subfloor yang halus, rata, kaku, dan bersih. Permukaan yang dapat diterima meliputi pelat beton, papan penyangga berbahan dasar semen, kayu lapis lapis bawah, dan ubin yang sudah ada (dalam kondisi baik).

Lapisan bawah dan membran khusus juga tersedia. Sering kali hal ini dapat memperpanjang umur lantai, menambah penghalang kelembapan, meredam suara, dan meminimalkan retak. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Lantai Kamar Mandi dan Dapur yang Antilicin

  • Tahan noda 

Terakhir, memilih ubin keramik adalah tahan terhadap noda dan bau. Ubin keramik terdiri atas tanah liat, air, dan zat lain yang dibakar pada suhu tinggi.

Selain itu, ubin keramik tahan terhadap noda, air, bakteri, bau,  goresan, dan api. Ubin keramik juga tersedia dalam berbagai bentuk, warna, serta gaya.

Ingatlah bahwa tanpa pancaran panas di bawahnya, ubin keramik bisa terasa dingin di kaki dan tidak nyaman untuk berdiri dalam waktu lama.

Perlu diketahui juga, ubin keramik dapat retak dan nat keramik dapat kotor seiring berjalannya waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com