Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menata Keramik Dinding Dapur agar Terlihat Elegan

Kompas.com - 04/10/2023, 14:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Keramik dinding dapur menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan karena akan membuat tampilan dapur terlihat berbeda.

Keramik dinding akan memberikan kesan mencolok dan menambahkan pola, tekstur, serta kilauan pada ruangan.

Selain membuat ruangan lebih cantik, keramik dinding juga bisa melindungi dinding dapur dari noda masakan.

Baca juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur agar Tidak Salah Pilih

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (4/10/2023), berikut ini tips menata keramik dinding dapur agar terlihat elegan.

Pilih ubin yang menghasilkan kilauan

Untuk membuat dapur terlihat elegan, Anda bisa memilih ubin dinding yang memiliki sentuhan metalik. Warna ubin perak, emas, dan tembaga bisa memberikan hasil akhir berkilau.

Ilustrasi keramik dinding yang dipasang di area dapurShutterstock Ilustrasi keramik dinding yang dipasang di area dapur

Warna ubin tersebut bisa dipadukan dengan dinding berwarna netral. Dekorasi tersebut membuat dapur terlihat mewah dan elegan.

Menggunakan pola halus

Tips menata keramik dinding dapur selanjutnya yaitu menggunakan keramik berpola halus. Ubin dengan pola halus akan membuat ruangan terasa lebih terang dan luas.

Ubin pola halus juga cocok dipadukan dengan lemari dan meja gelap. Ubin dengan pola halus biasanya memiliki ukuran besar, sehingga pemasangannya mudah dan cepat.

Baca juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur agar Tidak Salah Beli

Pasang di seluruh bagian dinding dapur

Keramik dinding dapur bisa dipasang di seluruh bagian dinding dapur. Helen Parker, direktur kreatif di deVOL menerangkan bahwa memasang ubi dari langit-langit sampai ke lantai akan membuat ruangan lebih besar.

Selain itu, keramik yang dipasang seperti wallpaper akan menambahkan tekstur, warna, dan pola yang membuat ruangan lebih menarik. Ubin yang bisa dipilih yaitu ubin berwarna hijau emerald green yang membuat tampilan dapur lebih segar dan bersemangat.

Pasang keramik di area backsplash yang kecil

Selain memasang seluruh bagian dinding, cara lain agar keramik dinding dapur lebih elegan yaitu dengan memasang pada area backsplash yang kecil. Teknik pasangan ini akan menonjolkan kesan sederhana.

Hamish Smith direktur kreatif Ca’Pietra mengatakan bahwa pemasangan keramik pada area backsplash yang kecil sangat efisien karena dapat menghemat waktu dan biaya.

Baca juga: Simak, Ini Jenis Keramik Dinding Dapur yang Dapat Dipilih

Mencocokan warna keramik dinding dengan meja dapur

Agar keramik dinding dapur terlihat elegan, Anda bisa mencari keramik yang serasi dengan meja dapur Anda.

Contohnya, jika Anda menggunakan meja dari material batu alam, maka sebaiknya pilih ubin dinding dari bahan yang sama.

Ilustrasi ubin dinding dapur, keramik dinding dapur. SHUTTERSTOCK/CHIOCIOLLA Ilustrasi ubin dinding dapur, keramik dinding dapur.

Material batu alam banyak digunakan di dapur karena bisa menahan panas dan perawatannya mudah. Selain itu, material ini membuat dapur lebih elegan dan cantik.

Pilih keramik yang warnanya hangat

Apabila Anda menggunakan lemari dapur berwarna netral, maka salah satu tips menata keramik dinding dapur yaitu dengan menghadirkan warna hangat.

Baca juga: 6 Backsplash Dapur yang Dapat Mempercantik Ruangan

Pilih keramik dengan warna merah jambu karena warna tersebut memberikan kesan hangat dan cocok dipadukan dengan warna netral.

Menggunakan bentuk keramik yang unik

Saat ini, bentuk keramik dinding tak hanya persegi atau persegi panjang. Ada juga keramik berbentuk segi enam, segi lima, atau mosaik.

Untuk membuat dapur terlihat lebih cantik, Anda bisa menggunakan bentuk keramik yang unik. Bentuk tersebut memberikan nuansa yang berbeda dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com