Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2023, 19:11 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

 

KOMPAS.com - Menerapkan feng shui sebaiknya dilakukan di ruangan yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti kamar tidur.

Kamar tidur merupakan ruangan tempat seseorang menghabiskan banyak waktu. Kamar tidur juga harus menjadi tempat relaksasi dan pemulihan.

Menurut prinsip feng shui yang bertujuan untuk menghadirkan kedamaian dan kemakmuran pada suatu ruangan, kamar tidur merupakan ruangan terpenting dalam rumah.

Energi yang lebih damai dan seimbang di ruangan ini akan menentukan suasana sepanjang hari.

Dilansir dari The Spruce, berikut 15 hal yang harus dilakukan untuk menerapkan feng shui baik di kamar tidur.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Kerja Agar Lebih Produktif

1. Posisi Tempat Tidur

Taruh tempat tidur sedemikian rupa sehingga kamu memiliki pandangan yang jelas ke pintu. Namun, jangan langsung berada di jalur pintu. Ini memberikan rasa keamanan dan kontrol.

Hindari juga “posisi peti mati” yaitu kakimu mengarah ke pintu. Tempatkan kepala tempat tidurmu pada dinding yang kokoh. Usahakan juga tidak meletakkan tempat tidur di bawah jendela.

Ilustrasi kasur, tempat tidur.UNSPLASH/POINT 3D COMMERCIAL IMAGING LTD. Ilustrasi kasur, tempat tidur.

2. Atur headboard

Dalam feng shui, kepala tempat tidur melambangkan stabilitas dan dukungan dalam hidup seseorang, terutama dalam hubungan romantis.

Headboard terbaik adalah yang kokoh, tanpa lubang apa pun. Pilihlah tepian yang lembut dan pastikan kepala tempat tidur terpasang dengan aman sehingga benar-terasa dukungan dan kekuatannya.

Baca juga: 3 Material Terbaik Headboard dan Plus Minusnya

3. Rapikan bagian kolong tempat tidur

Area di bawah tempat tidur sebaiknya tetap bersih dan tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Ruangan yang terlalu penuh juga dapat menghambat aliran energi.

Dengan area bawah yang kosong, qi (energi kekuatan hidup) dapat mengalir dengan bebas dan merata di sekitar medan energi tempat tidurmu.

Jika kamu benar-benar tidak bisa mengosongkan kolong tempat tidur, perhatikan kembali barang apa saja yang bisa disimpan di sana.

Hindari barang-barang seperti surat cinta dari mantan, sepatu yang sudah usang, hingga koper untuk bepergian. Barang-barang ini memberi energi perasaan sedang bepergian sehingga terkesan tidak pernah merasa betah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com