Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Menata Kamar Tidur Sesuai Feng Shui

KOMPAS.com - Menerapkan feng shui sebaiknya dilakukan di ruangan yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti kamar tidur.

Kamar tidur merupakan ruangan tempat seseorang menghabiskan banyak waktu. Kamar tidur juga harus menjadi tempat relaksasi dan pemulihan.

Menurut prinsip feng shui yang bertujuan untuk menghadirkan kedamaian dan kemakmuran pada suatu ruangan, kamar tidur merupakan ruangan terpenting dalam rumah.

Energi yang lebih damai dan seimbang di ruangan ini akan menentukan suasana sepanjang hari.

Dilansir dari The Spruce, berikut 15 hal yang harus dilakukan untuk menerapkan feng shui baik di kamar tidur.

1. Posisi Tempat Tidur

Taruh tempat tidur sedemikian rupa sehingga kamu memiliki pandangan yang jelas ke pintu. Namun, jangan langsung berada di jalur pintu. Ini memberikan rasa keamanan dan kontrol.

Hindari juga “posisi peti mati” yaitu kakimu mengarah ke pintu. Tempatkan kepala tempat tidurmu pada dinding yang kokoh. Usahakan juga tidak meletakkan tempat tidur di bawah jendela.

2. Atur headboard

Dalam feng shui, kepala tempat tidur melambangkan stabilitas dan dukungan dalam hidup seseorang, terutama dalam hubungan romantis.

Headboard terbaik adalah yang kokoh, tanpa lubang apa pun. Pilihlah tepian yang lembut dan pastikan kepala tempat tidur terpasang dengan aman sehingga benar-terasa dukungan dan kekuatannya.

3. Rapikan bagian kolong tempat tidur

Area di bawah tempat tidur sebaiknya tetap bersih dan tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Ruangan yang terlalu penuh juga dapat menghambat aliran energi.

Dengan area bawah yang kosong, qi (energi kekuatan hidup) dapat mengalir dengan bebas dan merata di sekitar medan energi tempat tidurmu.

Jika kamu benar-benar tidak bisa mengosongkan kolong tempat tidur, perhatikan kembali barang apa saja yang bisa disimpan di sana.

Hindari barang-barang seperti surat cinta dari mantan, sepatu yang sudah usang, hingga koper untuk bepergian. Barang-barang ini memberi energi perasaan sedang bepergian sehingga terkesan tidak pernah merasa betah.

Sebisa mungkin kurangi penggunaan barang elektronik di dalam kamar tidur. Sebab, gelombang elektromagnetik dapat mengganggu ketenangan dan kualitas tidur.

Sebelum tidur, kamu bisa menyimpan ponsel di ruangan lain. Manfaatkan jam weker tradisional untuk alarm. Lakukan aktivitas seperti membaca buku sebelum tidur, alih-alih memainkan ponsel. 

5. Ciptakan keseimbangan

Usahakan untuk memiliki keseimbangan dalam penempatan furnitur, untuk menjaga energi agar tetap seimbang dan terasa nyaman. 

Misalnya, dua lampu di kedua sisi tempat tidur dapat menciptakan simetri dan keseimbangan. Adapun meja samping tempat tidur tidak harus serasi tetapi harus saling melengkapi dan seimbang.

6. Penggunaan warna

Warna-warna yang tenang dan netral dapat menciptakan suasana yang lebih damai. Hindari warna-warna terlalu mencolok karena dapat membangkitkan energi yang berlebihan.

Pilihlah warna krem atau warna tanah. Warna-warna ini bisa tingkatkan relaksasi. Jika kamu mencari energi vitalitas, cobalah warna biru sejuk dan hijau pucat.

7. Pisahkan dengan ruang kerja

Sama halnya dengan peralatan olahraga di rumah, kamar tidur juga bukan tempat terbaik untuk bekerja. 

Menempatkan meja dan perlengkapan kerja tepat di samping tempat tidur dapat mempersulit diri berfokus pada pekerjaan pada malam hari. Hal ini juga dapat mempersulit diri untuk tetap fokus dan waspada pada siang hari.

Jika kamu tidak memiliki ruang di tempat lain di rumah untuk membuat kantor khusus, sesuaikan tata letak kamar tidur sebaik mungkin untuk membuat pemisahan antara tempat tidur dan ruang kerja.

Misalnya dengan menggantung tirai atau memasang layar lipat. Bisa juga dibatasi dengan selembar kain, agar perlengkapan kerja seperti laptop tidak terlihat ketika akan tidur. 

8. Pencahayaan alami 

Pastikan kamarmu mendapatkan cahaya alami yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Ini membantu mengisi ruangan dengan energi positif.

Selain itu, manfaatkan pencahayaan yang lembut dan tidak menyilaukan untuk menciptakan suasana yang tenang dan santai.

9. Masukan tanaman dan elemen alam

Menambahkan elemen alam seperti tanaman atau air dapat meningkatkan energi positif dalam ruangan, asal tidak berlebihan. Kamu bisa meletakkan satu atau dua tanaman bunga di ujung meja tidur. 

Pilih jenis bunga yang kamu minati, atau pilih bunga yang memiliki makna tertentu. Untuk menjaga feng shui yang baik, selalu jaga agar air tetap segar dan buang bunga saat sudah layu atau rusak.

10. Rutin dibersihkan

Rutin membersihkan kamar tidur tidak hanya baik secara fisik tetapi juga secara energetik. Biasakan untuk membersihkan kamar secara konsisten, setidaknya seminggu sekali. 

Sebarkan aroma menyenangkan kamar tidur misalnya dengan aroma jeruk manis untuk mengangkat feng shui dan energi kamar tidur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/28/191100176/10-cara-menata-kamar-tidur-sesuai-feng-shui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke