Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Memilih Wastafel Dapur dengan Benar

Kompas.com - 26/12/2023, 17:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel merupakan salah satu perlengkapa dapur yang fungsinya penting. Wastafel berfungsi untuk mencuci piring, sayur, buah, atau bahan makanan lain.

Wastafel ada banyak jenisnya, maka dari itu saat memilih wastafel harus dilakukan dengan cermat. Lantas, bagaimana cara memilih wastafel yang benar dan tepat?

Dikutip dari Livspace, Selasa (26/12/2023), berikut cara memilih wastafel dapur yang penting untuk dilakukan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini 7 Panduan Memilih Wastafel Kamar Mandi

Perhatikan jenisnya

Ilustrasi wastafel dapur.Shutterstock/RYosha Ilustrasi wastafel dapur.

Wastafel adalah alat pipa berbentuk mangkuk yang dapat digunakan untuk mencuci piring, mencuci tangan, maupun bahan makanan.

Wastafel dilengkapi dengan keran air dan terkadang ada yang memiliki fitur semprotan air untuk memudahkan proses pembersihan.

Wastafel ada banyak jenisnya, sehingga salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat memiliki wastafel dapur yaitu jenisnya.

Pelajari terlebih dahulu jenis-jenis wastafel yang dijual di toko perlengkapan rumah, kemudian beli yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Memilih Wastafel Dapur, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Pertimbangkan materialnya

Selain memperhatikan jenis wastafel, cara memilih wastafel dapur lainnya yaitu dengan mempertimbangkan materialnya.

Umumnya, wastafel dapur terbuat dari boiling water resistance (BWR) atau boiling waterproof plywood (BWP). Kedua material tersebut dianggap sebagai material terbaik untuk wastafel dapur.

Baik BWR maupun BWP dibuat dengan menempelkan lapisan lapisan veneer kayu di bawah tekanan dan panas tinggi. Maka dari itu, material tersebut lebih tahan air dan kelembapan, tahan rayap, serta bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Selain kedua bahan tersebut, ada juga material wastafel lain seperti wastafel besi cor, tembaga, granit, marmer, maupun komposit akrilik.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memilih Wastafel

Cara merawatnya

Ilustrasi membersihkan wastafel dapur.Shutterstock/sdf_qwe Ilustrasi membersihkan wastafel dapur.

Sama halnya dengan perlengkapan rumah lainnya, wastafel dapur juga membutuhkan perawatan agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, sebaiknya pilih wastafel dapur yang perawatannya mudah.

Adapun tips merawat wastafel dapur yang dapat dilakukan, antara lain;

  1. Gunakan cuka atau soda kue untuk menggosok wastafel setiap hari atau minimal tiga kali seminggu agar wastafel selalu terlihat bersih seperti baru.
  2. Untuk mencegah sisa makanan menyumbat saluran pembuangan, selalu letakkan saringan berlubang di atas sistem pembuangan.
  3. Jangan pernah membuang cuka murni atau zat asam lain ke dalam wastafel karena bisa menggores permukaan wastafel secara permanen dan menimbulkan noda.
  4. Untuk menjaga kebersihan dapur, tempelkan selotip anti jamur di tepi wastafel. Dengan demikian wastafel tetap bersih dan bebas jamur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com