Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Bawah Wastafel Dapur

Kompas.com - 28/08/2023, 20:37 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari bawah wastafel dapur sering kali dijadikan tempat penyimpanan barang-barang yang tidak seharusnya, bahkan tak lagi terpakai.

Namun, ternyata tidak semua barang bisa disimpan di lemari bawah wastafel. Sebab, kondisi yang gelap dan lembap dapat menyebabkan jamur serta bakteri lain tumbuh, yang merusak barang-barang yang disimpan di dalamnya.  

Baca juga: 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Bawah Wastafel, Apa Saja?

Jennifer Rodriguez, Kepala Petugas Kebersihan di Pro Housekeepers, mengatakan lemari di bawah wastafel dapur bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang tertentu, tetapi ada beberapa barang yang tidak boleh. 

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (28/8/2023), beriku empat barang yang sebaiknya tidak disimpan di lemari bawah wastafel dapur.

Peralatan dapur berukuran kecil

Ilustrasi panci disimpan dalam laciShutterstock/osu busu Ilustrasi panci disimpan dalam laci
Peralatan dapur berukuran kecil, seperti panci tempayan, panci presto, dan blender sebaiknya tidak disimpan di bawah wastafel dapur karena peralatan tersebut dapat rusak jika ada kebocoran air dari wastafel.

Rodriguez menyarankan menyimpan peralatan dapur berukuran kecil di lemari dapur demi menghindari hal buruk yang tidak diingikan. 

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Pembuangan Wastafel 

Produk berbahan kertas

Selanjutnya, barang yang sebaiknya tidak disimpan di lemari bawah wastafel dapur adalah produk berbahan kertas, seperti handuk kertas, kantong kertas, atau serbet. 

Hal ini karena produk tersebut rentan rusak jika terkena kelembapan, seperti kebocoran pipa. Anda dapat menyimpan produk berbahan kertas pada sisi lain di dapur yang jauh dari sumber air dan kelembapan. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Keramik dan Stainless Steel

Bawang atau kentang

Ilustrasi produk pembersih, produk pembersih dapur.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi produk pembersih, produk pembersih dapur.

Tak jarang, beberapa bumbu dapur dan sayuran disimpan di lemari bawah wastafel dapur, seperti bawang dan kentang. 

Padahal, jelas keduanya menjadi makanan atau barang yang sebaiknya tidak disimpan di lemari bawah wastafel dapur. 

Sebaiknya, menyimpan bawang dan kentang di tempat kering, gelap, serta sejuk. Lemari bawah wastafel dapur cenderung lembap dan hangat yang dapat menyebabkan bawang dan kentang cepat membusuk. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Porselen

Produk pembersih

Simpan produk pembersih di lemari atas atau bagian lain di dapur, terutama untuk pemilik rumah yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.

Lemari bawah wastafel merupakan area yang sangat mudah dijangkau anak dan hewan peliharaan. Karena itu, penting mencegah hal yang tidak diinginkan.

Mengingat, banyak produk pembersih mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan, bahkan risiko lebih buruk.  

Nah, itu dia sejumlah barang yang sebaiknya tidak disimpan di lemari bawah wastafel dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com