Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghentikan Kucing Membuang Kotoran di Wastafel dan Bathtub

Kompas.com - 10/02/2023, 13:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajari kucing membuang kotoran di kotak pasir bisa dibilang sebagai salah hal sulit dalam melatih dan memelihara kucing. 

Pasalnya, kucing yang sudah merasa nyaman membuang kotoran di kotak pasir dapat tiba-tiba meninggalkan kotak dan mulai membuang air besar sembarangan seperti wastafel dan bathtub atau bak mandi.  

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Memijat Pemiliknya

Hal ini tentu tak hanya membuat kotor dan berbau area tersebut, tetapi juga membuat frustasi serta sangat mengganggu. 

Perilaku buruk ini dapat dihentikan dengan mengubah berbagai hal di kamar mandi dan membuat kotak pasir kucing lebih menarik.

Ada beberapa penyebab kucing enggan membuang kotoran di kotak pasir, di antaranya kondisi kesehatan, stres, faktor lingkungan, atau kombinasi dari semua hal tersebut.

Karena itu, sebagai pemilik, luangkan waktu memeriksa kesehatan emosional dan fisik kucing peliharaan sehingga dapat menentukan masalahnya serta mengatasinya. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Kucing Munchkin, Kaki Pendek dan Ras Kontroversial

Mengapa kucing membuang kotoran di wastafel dan bathtub?

Ilustrasi kucing buang kotoran di kotak pasir, Ilustrasi kotak pasir kucing. Shutterstock/Axel Bueckert Ilustrasi kucing buang kotoran di kotak pasir, Ilustrasi kotak pasir kucing.
Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (10/2/2023), kucing pada umumnya adalah hewan yang sangat bersih dan rapi. Ketika kucing peliharaan membuang air besar di area terlarang setelah setia menggunakan kotak kotorannya, kucing  sedang mencoba memberi tahu Anda sesuatu.

Pertama, periksa kotak pasir kucing untuk memastikan kotak tidak penuh, berbau tidak sedap, atau terbalik.

Selain itu, pastikan tidak ada yang menghalangi akses kucing ke kotak pasir. Apa pun tentang kotak yang tampak tidak sesuai dengan kemauan kucing dapat mendorongnya membuang kotoran di tempat lain.  

Baca juga: 6 Cara Memperkenalkan Anjing pada Kucing Baru

Masalah kesehatan

Setelah itu, pertimbangkan masalah kesehatan. Kucing yang membuang air di depan pemiliknya, mungkin mencoba memberi tahu atau meminta pertolongan.

Sistitis (radang kandung kemih) dan batu kandung kemih terkadang membuat kucing membuang kotoran (dan buang air kecil) di tempat yang tidak semestinya. 

Rasa sakit saat buang air besar akibat sembelit, misalnya, dapat mendorong kucing peliharaan menghindari kotak pasir jika mereka mengasosiasikannya dengan rasa tidak nyaman.

Jika mencurigai perubahan ini disebabkan masalah kesehatan, segera membawa kucing dokter hewan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan darah atau radiografi untuk menentukan apakah ada infeksi atau masalah pencernaan atau kemih. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akrab dan Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Masalah perilaku

Ilustrasi kucing himalayaUNSPLASH/Mikhail Vasilyev Ilustrasi kucing himalaya
Perubahan dalam dinamika rumah tangga sering kali menjadi penyebab stres dan kecemasan pada kucing yang sensitif serta dapat menyebabkannya membuang air besar di luar kotak pasir.

Contohnya, kehadiran anggota baru dalam keluarga, seperti bayi baru, hewan peliharaan baru, atau kehilangan anggota keluarga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com