Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Kaus Kaki Agar Bersih Maksimal dan Tahan Lama

Kompas.com - 25/12/2023, 20:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Medium


JAKARTA, KOMPAS.com - Kaus kaki menjadi bagian penting dari penampilan sehari-hari. Kaus kaki bisa membuat penampilan lebih rapi dan sopan.

Tak hanya itu, kaus kaki juga bisa membuat kaki lebih hangat dan nyaman. Sama halnya dengan pakaian, kaus kaki juga perlu dirawat agar tetap segar, nyaman, dan tahan lama.

Salah satu perawatan kaus kaki yang perlu dilakukan yaitu rutin mencucinya. Dilansir dari Medium, Senin (25/12/2023), berikut ini cara mencuci kaus kaki dengan benar agar bersih maksimal dan tahan lama.

Baca juga: Cara Mencuci Kaus Kaki Putih yang Kotor Tanpa Pakai Pemutih

Sortir kaus kaki

mencuci kaus kakiShutterstock/Monkey Business Images mencuci kaus kaki

Sebelum mulai mencuci, penting untuk menyortir kaus kaki terlebih dahulu. Pisahkan berdasarkan warna, bahan, dan tingkat kekotorannya.

Pemisahan kaus kaki berdasarkan warnanya berguna untuk mencegah warna luntur dan merusak kaus kaki lain.

Bersihkan noda yang menempel

Setelah menyortir kaus kaku, cek kondisi kaus kaki untuk melihat noda yang menempel di kaus kaki tersebut. Jika ada noda yang menempel, hilangkan terlebih dahulu noda tersebut menggunakan soda kue dan air.

Caranya dengan mencampurkan soda kue dan air. Lalu, oleskan noda membandel di kaus kaki dan diamkan agar bahan pembersih tersebut bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Cara Mencuci Kaus Kaki dengan Tangan dan Mesin Cuci agar Awet

Balik kaus kaki

Cara mencuci kaus kaki selanjutnya yaitu membalik kaus kaki, sehingga bagian yang di dalam menjadi di luar. Dengan membalikkan kaus kaki, bakteri, kotoran, dan aroma tak sedap juga bisa hilang saat dicuci.

Tentukan suhu air yang tepat

Kaus kaki terbuat dari bahan yang berbeda. Maka dari itu, penggunaan air untuk setiap kaus kaki juga penting untuk diperhatikan.

Ada kaus kaki yang bisa dicuci dengan air hangat, namun ada juga kaus kaki yang butuk air dingin seperti kaus kaki dari wol. Oleh karena itu, sebelum mencuci kaus kaki, pastikan untuk mengecek label perawatan agar mengetahui suhu air yang tepat.

Baca juga: Ini Cara Tepat Menghilangkan Noda pada Kaus Kaki Putih

Gunakan detergen ringan

Pilihlah detergen cair yang lembut dan ringan agar tidak merusak serat kaus kaki. Hindari penggunaan pemutih karena bisa melemahkan serat elastis di kaus kaki dan mengakibatkan kaus kaki cepat rusak.

Masukkan ke dalam mesin cuci

Cara mencuci kaus kaki berikutnya yaitu memasukkan kaus kaki kotor ke dalam mesin cuci. Namun, jangan membenai mesin cuci agar masih ada ruang untuk air dan detergen untuk bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, untuk mencegah kaus kaki hilang atau tersangkut, tak ada salahnya untuk memasukkan kaus kaki ke dalam jaring cucian kotor.

Lalu, masukkan jaring berisi kaus kaki ke dalam mesin cuci dan jalankan mesin cuci dengan siklus standar.

Baca juga: Cara Menjaga Kaus Kaki Putih Tetap Putih Bersih dan Cerah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com