Kompas.com - 20/05/2022, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kaos kaki bukan hanya digunakan sebagai pelengkap gaya berbusana, tetapi juga membuatmu tetap hangat dan nyaman.

Kaos kaki terbuat dari berbagai jenis serat yang bermacam-macam seperti katun, polyester, wol, sutra hingga kashmir.

Jenis serat yang berbeda ini pula yang membuatmu harus mencucinya sesuai dengan label perawatannya masing-masing.

Baca juga: Cara Tepat Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci

 

Untuk jenis kaos kaki yang terbuat dari serat lembut, sebaiknya cuci kaos kaki secara manual dengan menggunakan tangan. Putaran pada mesin cuci bisa membuat serat kain menjadi melar bahkan robek.

Meskipun ada beberapa jenis kaos kaki yang aman untuk di cuci dengan mesin cuci, kamu tetap perlu memperhatikan cara pencuciannya agar warna dan serat kain tidak rusak.

Melansir dari Soxy, Jumat (20/5/2022), berikut ini merupakan 2 cara mencuci kaos kaki yang benar sehingga tidak merusak serat kainnya.

Baca juga: Cara Mencuci dan Membersihkan Sajadah agar Selalu Bersih dan Wangi

Tips mencuci kaos kaki dengan mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci.

Agar serat pada kaos kaki tidak rusak dan melar, berikut ini cara aman untuk mencuci kaos kaki di dalam mesin cuci:

  1. Sebelum mencuci kaos kaki dengan mesin cuci, balikkan kaos kaki ke dalam. Cara ini efektif untuk membersihkan bagian dalam kaos kaki yang biasanya banyak kotoran dan keringat yang tersembunyi. Selain itu dengan membalikkan kaos kaki kamu juga akan membuat kaos kaki lebih awet dan tidak berbulu.
  2. Pisahkan kaos kaki berdasarkan warna dan gaya. Hindari mencuci kaos kaki berwarna gelap dengan baju berwarna putih karena warnanya bisa luntur dan menodai pakaian.
  3. Gunakan deterjen ringan, residu deterjen yang tersisa akan merusak serat kain kaos kaki.
  4. Gunakan jaring cucian agar kaos kaki tidak mudah hilang saat siklus pencucian.
  5. Cuci kaos kaki dengan siklus pencucian lembut dan air dingin. Tips no 3 dan 4 mencegah kaos kaki menjadi pudar dan robek.
  6. Hindari menggunakan pengering untuk kaos kaki, keringkan kaos kaki dengan mengangin-anginkannya di jemuran.

Baca juga: Cara Mencuci Wajan Keramik Pakai Baking Soda

Untuk kaos kaki olahraga berwarna putih, kamu bisa mencampurnya dengan handuk atau pakaian putih lainnya.

Sedangkan untuk kaos kaki berwarna sebaiknya hindari pemutih pakaian atau deterjen yang mengandung pemutih yang dapat merubah warnanya.

Tips mencuci kaos kaki dengan tangan

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Untuk menghindari kaos kaki rusak atau robek, kamu bisa mencuci kaos kaki dengan serat lembut seperti kashmir, sutra dan wol secara manual. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mencuci kaos kaki dengan tangan:

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Bahan Polyester agar Bersih dan Lembut

  1. Isi wastafel atau ember dengan air dingin. Kemudian tambahkan beberapa deterjen ringan atau gunakan sabun cuci piring.
  2. Balikkan kaos kaki untuk pembersihan menyeluruh. Biarkan kaos kaki terendam setidaknya selama 5 menit. Untuk kaos kaki yang sangat kotor, rendam selama 30 menit hingga kotoran terangkat.
  3. Gosok kaos kaki dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran.
  4. Bilas kaos kaki hingga tidak ada lagi sisa sabun yang menempel. Hindari menggosok, memelintir atau meremas karena dapat menyebabkan kaos kaki tersangkut dan molor.
  5. Gantung kaos kaki di jemuran dan biarkan ia kering.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.