Kompas.com - 20/05/2022, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kain serbet yang sering dipakai akan berubah sangat kotor penuh dengan noda membandel seperti minyak dan jelaga.

Sehingga untuk membersihkan kain serbet perlu banyak tenaga dalam proses menguceknya agar bisa bersih.

Alasan itulah yang membuat malas untuk mencuci kain serbet yang kotor. Namun, ada cara mudah yang bisa kamu coba untuk mencuci serbet yang penuh dengan noda membandel menurut channel YouTube Rina Kartomisastro, Jumat (20/5/2022).

Berikut cara membersihkan kain serbet dengan mudah agar tak capek mengucek yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Baca juga: 4 Cara Praktis Membersihkan Lap Dapur yang Kotor dan Berminyak

Alat dan bahan untuk membersihkan serbet

  • Deterjen
  • Sabun cuci piring cair
  • Air panas
  • Bak cuci

Baca juga: Bolehkah Mencuci Lap Dapur dan Handuk Mandi Secara Bersamaan?

Cara membersihkan kain serbet yang mudah

Kain lap microfiber memiliki daya serap tinggi.PIXABAY Kain lap microfiber memiliki daya serap tinggi.

  1. Taruh kain serbet yang kotor nan dekil ke dalam bak cucian. Lalu masukkan deterjen sekitar setengah sendok takar.
  2. Tambahkan sabun cuci piring cair secukupnya atau sekitar seperempat sendok takar deterjen.
  3. Lanjut masukkan air panas yang mendidih ke dalam bak cucian sampai kain serbet yang kotor terendam sepenuhnya. Aduk-aduk menggunakan kayu agar deterjen dan sabun cuci piring larut dengan air.
  4. Biarkan dan rendam kain semalaman agar noda membandel luntur dari serbet.
  5. Bila sudah terendam semalaman kamu akan melihat air rendaman serbet yang keruh karena noda minyak dan membandel lainnya sudah luntur.
  6. Selanjutnya cuci kembali serbet dengan deterjen. Kucek serbet bila masih ada noda membandel yang tersisa. Selain itu, kamu perlu mencuci serbet kembali dengan sabun agar bau bekas rendaman yang bacem menghilang.
  7. Bila serbet sudah dirasa bersih, bilas dengan air untuk menghilangkan sabun. Pastikan sabun sudah benar-benar menghilang dari kain sebelum mengeringkannya. Hal ini agar tak ada residu atau noda putih yang tertinggal di serbet.
  8. Lanjut jemur serbet di bawah sinar matahari. Selain untuk membuat kain kering, sinar matahari bisa menjadi desinfektan alami agar serbet terbebas dari kuman sebelum digunakan kembali di dapur.

Baca juga: Cara Membersihkan Lap Dapur yang Kotor, Bau, dan Lengket

Membersihkan serbet yang kotor dan penuh dengan noda minyak memang membuat malas. Sebab, kamu perlu menguceknya berkali-kali agar serbet benar-benar bersih.

Namun, bila kamu merendam serbet dengan deterjen, sabun cuci piring cair, dan air panas masalah tersebut bisa teratasi. Sehingga membersihkan kain serbet yang kotor bukan menjadi masalah cucian yang harus kamu hindari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.