Kompas.com - 20/05/2022, 14:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu seringkali menemukan freezer kulkas dipenuhi bunga es? Bunga es memang seringkali muncul di kulkas 1 pintu. Salah satu penyebabnya adalah frekuensi buka tutup kulkas yang cukup sering.

Bunga es pada freezer sebaiknya segera dibersihkan sebelum menumpuk dan mengeras. Semakin lama bunga es dibersihkan maka semakin padat dan tebal pula es yang ada didalamnya, tentunya ini akan membuat proses pembersihan menjadi lebih lama.

Melansir dari kanal Youtube Ari Priyanti, Jumat (20/5/2022), namun kamu tidak perlu khawatir, ini dia 5 langkah cepat dan efektif untuk membersihkan bunga es di freezer.

Baca juga: Cara Aman Mencairkan Bunga Es di Freezer Secara Manual

Langkah 1: Mematikan lemari es

Sebelum membersihkan bunga es, pastikan kamu sudah mematikan sambungan listrik lemari es.

Langkah 2: Keluarkan isi freezer

Agar pembersihan bunga es dan lemari es lebih mudah untuk dilakukan, keluarkan semua isi kulkas terlebih dahulu. Pastikan ada wadah penampung di bawah freezer untuk menampung bunga es yang jatuh dan mencair.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas dengan Cepat

Langkah 3: Gunakan air hangat

Gunakan air hangat, pastikan suhu air tidak terlalu panas. Siram air hangat ke sudut-sudut freezer dimana bunga es banyak bertumpuk.

Sudut freezer merupakan area dimana bunga es cukup tebal dan keras. Dengan menyiramkan air hangat ke bunga es maka bunga es akan cepat hancur.

Langkah 4: Arahkan kipas angin ke freezer

Untuk mempercepat proses pencairan bunga es, arahkan kipas angin ke freezer. Hembusan angin dari kipas angin akan membuat bunga es lebih cepat mencair karena adanya perubahan suhu. Diamkan kipas angin selama beberapa menit, lama pembersihan tergantung ketebalan bunga es.

Baca juga: Ragam Hal yang Menyebabkan Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas

Langkah 5: Lap permukaan freezer

Setelah semua bunga es mencair, lap permukaan freezer dengan lap bersih dan buang lelehan bunga es di wadah penampung. Setelah lemari es bersih, masukkan kembali isi lemari es dan hidupkan listriknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.