Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Mudah dan Cepat Membersihkan Bunga Es di Freezer

Kompas.com - 20/05/2022, 14:06 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu seringkali menemukan freezer kulkas dipenuhi bunga es? Bunga es memang seringkali muncul di kulkas 1 pintu. Salah satu penyebabnya adalah frekuensi buka tutup kulkas yang cukup sering.

Bunga es pada freezer sebaiknya segera dibersihkan sebelum menumpuk dan mengeras. Semakin lama bunga es dibersihkan maka semakin padat dan tebal pula es yang ada didalamnya, tentunya ini akan membuat proses pembersihan menjadi lebih lama.

Melansir dari kanal Youtube Ari Priyanti, Jumat (20/5/2022), namun kamu tidak perlu khawatir, ini dia 5 langkah cepat dan efektif untuk membersihkan bunga es di freezer.

Baca juga: Cara Aman Mencairkan Bunga Es di Freezer Secara Manual

Langkah 1: Mematikan lemari es

Sebelum membersihkan bunga es, pastikan kamu sudah mematikan sambungan listrik lemari es.

Langkah 2: Keluarkan isi freezer

Agar pembersihan bunga es dan lemari es lebih mudah untuk dilakukan, keluarkan semua isi kulkas terlebih dahulu. Pastikan ada wadah penampung di bawah freezer untuk menampung bunga es yang jatuh dan mencair.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas dengan Cepat

Langkah 3: Gunakan air hangat

Gunakan air hangat, pastikan suhu air tidak terlalu panas. Siram air hangat ke sudut-sudut freezer dimana bunga es banyak bertumpuk.

Sudut freezer merupakan area dimana bunga es cukup tebal dan keras. Dengan menyiramkan air hangat ke bunga es maka bunga es akan cepat hancur.

Langkah 4: Arahkan kipas angin ke freezer

Untuk mempercepat proses pencairan bunga es, arahkan kipas angin ke freezer. Hembusan angin dari kipas angin akan membuat bunga es lebih cepat mencair karena adanya perubahan suhu. Diamkan kipas angin selama beberapa menit, lama pembersihan tergantung ketebalan bunga es.

Baca juga: Ragam Hal yang Menyebabkan Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas

Langkah 5: Lap permukaan freezer

Setelah semua bunga es mencair, lap permukaan freezer dengan lap bersih dan buang lelehan bunga es di wadah penampung. Setelah lemari es bersih, masukkan kembali isi lemari es dan hidupkan listriknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com