Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memasang Stiker Dinding untuk Mempercantik Ruangan

Kompas.com - 25/12/2023, 10:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace


JAKARTA, KOMPAS.com - Merombak ruangan agar terlihat berbeda sebenarnya tidak sulit. Salah satu cara mendekorasi ruangan tanpa mengeluarkan banyak biaya yaitu dengan memasang stiker dinding.

Berbeda dengan wallpaper, stiker dinding tidak menutup seluruh area dinding. Hanya ada sedikit bagian dinding yang tertutup stiker.

Baca juga: Tips Memasang Stiker Dinding Kamar Tidur dengan Mudah

Stiker dinding memiliki pola dan warna yang menarik. Selain membuat ruangan lebih menarik, cara memasang stiker dinding juga relatif mudah.

Dikutip dari Livspace, Senin (25/12/2023), berikut cara memasang stiker dinding dengan benar agar terlihat cantik.

Pilih warna stiker yang sesuai dengan warna dinding

ilustrasi stiker dinding di ruang kerjaShutterstock/Robert Kneschke ilustrasi stiker dinding di ruang kerja

Hal pertama yang perlu dilakukan saat hendak memasang stiker dinding yaitu memilih warna stiker yang sesuai dengan warna dinding.

Misalnya, pada dinding berwarna putih dan kuning, maka pilihlah stiker berwarna senada agar terlihat serasi dan menarik.

Baca juga: Ragu Memasang Wallpaper di Kamar Mandi? Coba Pakai Stiker Dinding

Bersihkan dinding sebelum stiker dipasang

Selanjutnya, cara memasang stiker dinding yaitu membersihkan dinding terlebih dahulu. Cara membersihkannya dengan mengelap dinding menggunakan lap lembap untuk menghilangkan kotoran dan noda.

Lalu, biarkan dinding kering. Untuk mempercepat proses pengeringan, nyalakan kipas angin dan arahkan ke area dinding yang telah dibersihkan. Dengan membersihkan dinding, maka lem stiker akan mudah merekat di dinding.

Potong stiker dinding yang ukurannya besar

Setelah itu, potong stiker dinding berukuran besar untuk memisahkan bagian stiker yang lebih kecil. Langkah ini bisa membuat desain stiker lebih mudah diatur.

Potong stiker secara hati-hati menggunakan pisau atau gunting tajam. Lakukan secara perlahan agar tidak salah saat memotong stiker dinding.

Baca juga: Ingin Memasang Wallpaper di Dapur? Ketahui Hal Ini Dulu

Semprotkan air di bagian belakang stiker dinding

Terakhir, cara memasang stiker dinding adalah menyemprotkan air di bagian belakang stiker. Lalu, tempelkan stiker tersebut di area dinding yang sudah dibersihkan.

Setelah menempel sempurna, lepaskan lapisan pelindung stiker di bagian atas. Lepaskan secara hati-hati agar stiker dinding tidak terangkat.

Nah, itulah cara memasang stiker dinding dengan benar. Stiker dinding akan membuat tampilan dinding terlihat lebih cantik dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com